KEEFEKTIFAN MODEL PETA KONSEP PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 MALANGKE KABUPATEN LUWU UTARA

WAHYUNI, WAHYUNI (2020) KEEFEKTIFAN MODEL PETA KONSEP PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 MALANGKE KABUPATEN LUWU UTARA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
WAHYUNI-1601403029.pdf

Download (3MB)

Abstract

Wahyuni. 2020, Keefektifan model peta konsep pada pembelajaran menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Malangke Kabupaten Luwu Utara(dibimbing olehDr. Hj. Marlia Muklim dan Abd. Rahim Ruspa). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model peta konsep dalam pembelajaran menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Malangke Kabupaten Luwu Utara. Siswa sebelum dan sesudah diterapkan model peta konsep dengan menggunakan pembelajaran konvesional (kontrol) dan pembelajaran menggunakan pengajaran model peta konsep (eksperimen). Hasil belajar menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Malangke Kabupaten Luwu Utarayang diajar menggunakan model peta konsep lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang tidak menggunakan model peta konsep. Penggunaan model peta konsep pada pembelajaran menulis teks berita dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Malangke Kabupaten Luwu Utara, dengan menggunakan desain penelitian preetest-posttest control group design. pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu(purposive sampling). Dari hasil secara tersebut diperoleh kelas VIII A dengan jumlah siswa 23 orang siswa dan kelas VIII B dengan jumlah 21 orang siswa. Data analisis dengan menggunakan analisis data statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Malangke Kabupaten Luwu Utarayang tidak menggunakan model peta konsepsebanyak 21 orang, pada kategori sedang terdapat 3 orang siswa dengan presentase 14,28%, pada kategori rendah terdapat 18 orang siswa dengan presentase 85,71% pada kategori sedang dan tidak ada siswa yang mendapatkan nilai tertinggi. Hasil belajar siswa menulis teks beritasiswa kelas VIII SMP Negeri 2 Malangke Kabupaten Luwu Utarayang menggunakan model peta konsep sebanyak 23 orang siswa, pada kategori sedang, rendah, dan sangat rendah tidak ada siswa yang mendapatkan nilai dengan persentase 0%, dan pada kategori tinggi terdapat 23 orang siswa dengan persentase 100%. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran menulis teks berita dengan menggunakan model peta konsep dapat dikatakan efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDMUKLIM, Dr. Hj. Marlia Muklim, M.PdNIDN0902068401
UNSPECIFIEDRUSPA, Abd. Rahim Ruspa, S.Pd., M.PdNIDN0930098802
Uncontrolled Keywords: menulis, teks berita, model peta konsep
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 18 Oct 2021 02:04
Last Modified: 18 Oct 2021 02:04
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/690

Actions (login required)

View Item View Item