PENERAPAN MEDIA KARTU GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERITA FABEL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 WALENRANG KABUPATEN LUWU

COENRAAD, HELENA HETREIDA (2020) PENERAPAN MEDIA KARTU GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERITA FABEL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 WALENRANG KABUPATEN LUWU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
Helena_Hetreida_Coenraad_PBI_1601403013_.pdf

Download (2MB)

Abstract

Helena Hetreida Coenraad, 2020. Penerapan media kartu gambar terhadap kemampuan menulis teks cerita fabel siswa kelas VII SMP Negeri 2 Walenrang Kebupaten Luwu (dibimbing oleh Kamaruddin dan Abd. Rahim Ruspa). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis teks cerita fabel dengan penerapan media kartu gambar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Walenrang Kabupaten Luwu. Jenis penelitian ini pada hakikatnya merupakan desain penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini terdiri dari 2 kelas sebanyak 26 siswa dan sampel penelitian ini sebanyak 26 siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Walenrang Kabupaten Luwu. Pengambilan sampel yang peneliti gunakan, yaitu teknik purposive sampling. Hasil pengolahan data diketahui bahwa data tes awal (pretest) sampel yang mendapat nilai ≥ 75 (sama dengan atau lebih dari 75) sebanyak 3 siswa sampel atau 11,54%. Sedangkan sampel yang mendapat nilai < 75 (kurang dari 75) sebanyak 23 siswa sampel atau 88,46%. Hasil data tes akhir (posttest) diketahui bahwa sampel yang mendapat nilai ≥ 75 (sama dengan atau lebih dari 75) sebanyak 23 siswa sampel atau 88%, sedangkan sampel yang mendapat nilai < 75 (kurang dari 75) sebanyak 3 siswa sampel atau 12%. Dari hasil pengolahan data dapat diketahui bahwa pada tes akhir (posttest) sebanyak 23 siswa sampel atau 88% yang mendapat nilai ≥ 75 (sama dengan atau lebih dari 75). Sehingga penelitian ini dapat dikatakan mampu atau memadai karena telah memenuhi kiteria ketuntasan klasikal yaitu 85%. Berdasarkan hasil tersebut penulis menyarankan kepada guru agar menggunakan media gambar dalam pembelajaran menulis teks cerita fabel sehingga hasil belajar siswa lebih meningkat. Selanjutnya bagi siswa agar menanamkan sikap positif terhadap pembelajaran bahasa Indonesia dengan mempertahankan cara belajarnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorKAMARUDDIN, Prof. Dr. H. kamaruddin, M.ANIDN9900004998
UNSPECIFIEDRUSPA, Abd. Rahim Ruspa, S.Pd., M.PdNIDN0930098802
Uncontrolled Keywords: menulis; fabel; media kartu gambar.
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 16 Oct 2021 04:29
Last Modified: 16 Oct 2021 04:29
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/688

Actions (login required)

View Item View Item