KEEFEKTIFAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA PEMBELAJARAN MENYIMAK DRAMA SISWA KELAS VIII SMP ISLAM USWATUN HASANAH KABUPATEN LUWU TIMUR

IDRIS, MUHAMMAD (2020) KEEFEKTIFAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA PEMBELAJARAN MENYIMAK DRAMA SISWA KELAS VIII SMP ISLAM USWATUN HASANAH KABUPATEN LUWU TIMUR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
Muhammad Idris (1601403065).pdf

Download (4MB)

Abstract

Muhammad Idris. 2020. Keefektifan Media Audiovisual pada Pembelajaran Menyimak Drama Siswa Kelas VIII SMP Islam Uswatun Hasanah Kabupaten Luwu Timur (dibimbing oleh Kamaruddin dan Abd. Rahim Ruspa). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan Media Audiovisual pada Pembelajaran Menyimak Drama Siswa Kelas VIII SMP Islam Uswatun Hasanah Kabupaten Luwu Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini ada dua variabel yaitu variabel X dan variabel Y, variabel X adalah penggunaan media audiovisual sebagai variabel bebas, sedangkan variabel Y adalah menyimak drama sebagai variabel terikat, yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah keseluruhan populasi yang berjumlah 24 orang siswa. Penarikan sampel dilakukan dengan Purposive sampling (sample secara sengaja) adalah penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Oleh karena itu dalam penelitian ini, desain penelitian yang digunakan adalah teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif, uji normalitas, uji homogen dan uji hipotesis, jenis uji t-independent sample tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media audiovisual dalam menyimak drama siswa Kelas VIII SMP Islam Uswatun Hasanah kabupaten Luwu Timur. Diketahui bahwa nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada kelas ekperimen adalah sebesar 68,92, dan nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada kelas kontrol adalah sebesar 53,63. Hal ini menunjukan proses pembelajaran menyimak drama menggunakan media audiovisual efektif dilakukan pada kelas VIII SMP Islam Uswatun Hasanah tidak efektif dilakukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorKAMARUDDIN, Prof. Dr. H. kamaruddin, M.ANIDN9900004998
UNSPECIFIEDRUSPA, Abd. Rahim Ruspa, S.Pd., M.PdNIDN0930098802
Uncontrolled Keywords: media audiovisual, menyimak drama
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 16 Oct 2021 04:00
Last Modified: 16 Oct 2021 04:00
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/685

Actions (login required)

View Item View Item