ANALISIS LINGUISTIK FORENSIK TERHADAP TEKS HASIL SIDANG TINDAK PIDANA DI PENGADILAN NEGERI PALOPO : PENDEKATAN ANALISIS WACANA

SULFIANA, SULFIANA ANALISIS LINGUISTIK FORENSIK TERHADAP TEKS HASIL SIDANG TINDAK PIDANA DI PENGADILAN NEGERI PALOPO : PENDEKATAN ANALISIS WACANA.

[img] Text
SULFIANA-1601403059.pdf

Download (533kB)

Abstract

Sulfiana A, 2020. Analisis Linguistik Forensik Terhadap Teks Hasil Sidang Tindak Pidana Di Pengadilan Negeri Palopo: Pendekatan Analisis Wacana(dibimbing oleh Hj. St. Hawang Hanafie dan Besse Herdiana). Tujuan Penelitin ini yaitu untuk mengetahui seperti apa medan wacana, pelibat wacana dan sarana wacana pada teks analisis wacana terhadap tindak pidana di pengadilan negeri Palopo dengan menggunakan teori linguistik forensik. Penelitian ini didesain secara deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis data-data yang ada sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Data diperoleh dari dua sumber pertama, data primer adalah analisis wacana dalam tindak pidana. Dimana informasi tindak pidana ini didapat dari hasil data dari pengadilan negeri Palopo, dan data sekundernya adalah buku-buku yang mendukung penelitian ini. Teknik pengumpulan data adalah peneliti sendiri yang berbekal pengetahuan tentang kajian dan objek kajian penelitian dengan teknik penganalisaan data yaitu memahami, menyeleksi, menandai, dan mencocokkaan antara data primer dan data sekunder. Dari hasil analisa dapat disimpulkan bahwa Analisis Linguistik Forensik Terhadap Teks Hasil Sidang Tindak Pidana Di Pengadilan Negeri Palopo: Pendekatan Analisis Wacana ialah, tindak pidana yang terjadi di pengadilan negeri Palopo pada teks wacana I, ialah berisi tentang kekerasan fisik dalam rumah tangga dan pada teks wacana II berisi tentang penganiayaan yang didalamnya pihak pengadilan negeri Palopo mengambil kedudukan yang paling tinggi untuk mengambil alih jalannya persidangan dan dilakukan secara lisan.

Item Type: Article
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorMAHTIKA, Prof. Drs. H. Hanafie Mahtika, MSNIDN9900003736
UNSPECIFIEDHERDIANA, Besse Herdiana, S.S., M.HumNIDN0924058801
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 16 Oct 2021 03:42
Last Modified: 16 Oct 2021 03:42
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/682

Actions (login required)

View Item View Item