Peer Review Analisis Keterlaksanaan Pendekatan Pemecahan Masalah Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar

Yulianti, Ni Wayan and Ma’rufi, Ma’rufi (2019) Peer Review Analisis Keterlaksanaan Pendekatan Pemecahan Masalah Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Analisis Keterlaksanaan Pendekatan Pemecahan Masalah Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar, 4 (2). p. 71. ISSN 2502-3802

[img] Text (Peer Review)
12. PEERREVIEW-Analisis Keterlaksanaan Pendekatan Pemecahan Masalah Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar.pdf

Download (359kB)
[img] Text (Peer Review Full)
12 (Analisis Keterlaksanaan Pendekatan Pemecahan Masalah pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar).pdf

Download (2MB)
Official URL: https://journal.uncp.ac.id/index.php/Pedagogy/arti...

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian deskritif dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif, bertujuan untuk mendeskripsikan keterlakaksanaan pendektan pemecahan masalah, yang memfokuskan pada perilaku siswa dengan mengacu pada tahapan pemecahan masalah Krulik dan Rudnick. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 6 Palopo. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII.G . Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif, dengan menggunakan triangulasi metode dan triangulasi waktu. Data penelitian diperoleh dari lembar observasi keterlaksanaan pendekatan pemecahan masalah, catatan lapangan, lembar observasi keterlaksanaan pendekatan pembelajaran (kuantitatif) serta rekaman video. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterlaksanaan pendektan pemecahan masalah terlaksana dengan baik. Tahap membaca masalah siswa mengidentifikasi fakta dengan dengan cara mencari, menemukan, mengumpulkan, mencatat data yang berkaitan dengan pertanyaan, yakni data terkait bangun ruang sisi datar dengan bertanya kepada guru. Siswa mengidentifikasi pertanyaan dengan membaca pertanyaan secara berulang ulang sehingga dapat menemukan, mengumpulkan, meneliti, mendaftarkan, mencatat informasi yang diperoleh dari pertanyaan dan menuliskan apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan pada masalah luas permukaan bangun ruang sisi datar yang ada di LKS. Pada tahap eksplorasi siswa mengorganisasikan informasi dengan cara menyusun semua informasi terkait luas permukaan bangun ruang sisi datar yang diperoleh agar menjadi satu kesatuan. Tahap memilih strategi siswa memilih strategi mencoba dan mengerjakan setiap pertanyaan terkait luas permukaan bangun ruang sisi datar. Tahap mencari jawaban siswa menggunakan kemampuan berhitung untuk menyelesaikan masalah bangun ruang sisi datar. Kemudian pada tahap refleksi dan mengembangkan, siswa memeriksa kembali jawaban

Item Type: Article
Subjects: Program Pasca Sarjana S2 Pendidikan Matematika > S2 Pendidikan Matematika
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Studi S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Syafriadi Uncp
Date Deposited: 29 Dec 2020 07:10
Last Modified: 15 Feb 2021 01:29
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/67

Actions (login required)

View Item View Item