PERBANDINGAN MEDIA AUDIO VISUAL DAN MEDIA GAMBAR SERI TERHADAP PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 MASAMBA KABUPATEN LUWU UTARA

PUPUT MUJANAH, PUPUT MUJANAH (2020) PERBANDINGAN MEDIA AUDIO VISUAL DAN MEDIA GAMBAR SERI TERHADAP PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 MASAMBA KABUPATEN LUWU UTARA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
PUPUT MUJANAH-1601403055..pdf

Download (2MB)

Abstract

Puput Mujanah. 2020. Perbandingan Media Audio Visual dan Media Gambar Seri terhadap Pembelajaran Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Masamba Kabupaten Luwu Utara (dibimbing oleh Hj. Marlia Muklim dan Abd. Rahim Ruspa). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbandingan media audio visual dan media gambar seri terhadap pembelajaran menulis karangan narasi siswa kelas VII SMP Negeri 4 Masamba kabupaten Luwu utara.Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kuantitatif eksperimen. Dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VII adalah populasi sebanyak 220 orang siswa dengan penarikan sampel secara purposive sampling dan sampel yang terpilih sebanyak 32 orang siswa kelas VII.1 dan 32 orang siswa kelas VII.2 SMP Negeri 4 Masamba. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan teknik tes, sedangkan teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan analisis inferensial. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan tentang perbandingan media audio visual dan media gambar seri terhadap pembelajaran menulis karangan narasi siswa kelas VII SMP Negeri 4 Masamba Kabupaten Luwu Utara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa :Skormaksimum yang dicapai oleh siswa menulis karangan narasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Masamba adalah 92 untuk kelas VII.1 dan nilai 86 untuk kelas VII.2. Skor terendah yang dicapai oleh siswa adalah 74 untuk kelas VII.1 dan 65 untuk kelas VII.2. Diketahui bahwa nilai rata-rata siswa SMP Negeri 4 Masamba untuk kelas VII.1 adalah 80,38 dan kelas VII. 77,78. Diketahui bahwa siswa yang memperoleh nilai 7,0 ke atas untuk kelas VII.1 berjumlah 30 siswa (93,75%), sedangkan siswa yang memperoleh nilai 7,0 ke bawah berjumlah 2 orang (6,25%) dan siswa yang memperoleh nilai 7,0 ke atas untuk kelas VII.2 berjumlah 27 siswa (84,375%), sedangkan siswa yang memperoleh nilai 7,0 ke bawah berjumlah 5 orang (15,625%). Dengan demikian dapat dikatakan bahwa kelas VII.1 yang menggunakan media audio visual lebih baik dibandingkan dengan kelas VII.2 yang menggunakan media gambar seri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorMUKLIM, Dr. Hj. Marlia Muklim, M.PdNIDN0902068401
UNSPECIFIEDRUSPA, Abd. Rahim Ruspa, S.Pd., M.PdNIDN0930098802
Uncontrolled Keywords: perbandingan, media audio visual, media gambar seri, karangan narasi
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 12 Oct 2021 04:25
Last Modified: 12 Oct 2021 04:25
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/666

Actions (login required)

View Item View Item