KEEFEKTIFAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM MENULIS TEKS BERITA PADA SISWA KELAS XI SMK KRISTEN PALOPO

PUTRA, SALDIANUS (2020) KEEFEKTIFAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM MENULIS TEKS BERITA PADA SISWA KELAS XI SMK KRISTEN PALOPO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
SALDIANUS E PUTRA -1501403137.pdf

Download (2MB)

Abstract

SALDIANUS E PUTRA. 2020. Keefektifan Pendekatan Contekstual Teaching And Learning (CTL) Dalam Menulis Teks Berita Pada Siswa Kelas XI SMK Kristen Palopo (dibimbing oleh Pancana Beta dan Suparman) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pendekatan Contekstual Teaching And Learning (CTL) dalam menulis teks berita pada siswa kelas XI SMK Kristen Palopo. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menerapkan pembelajaran melalui pendekatan Contekstual Teaching And Learning (CTL), menggunakan teknik pengumpulan data, yaitu teknik tes. Teknik tes digunakan untuk mengetahui perhitungan dari masing tahap kelas control dan kelas eksperimen. Penelitian menunjukan bahwa : (1) Nilai rata-rata peningkatan keterampilan menulis teks berita pada siswa kelas XI SMK Kristen Palopo pada kelas kontrol, nilai rata-rata pretest (40, 00), dan nilai rata-rata posttest (71,19), pada kelas eksperimen, nilai rata-rata pretest (44,21), dan nilai rata-rata posttest (89,58). (2) Terjadi peningkatan hasil belajar dan keterampilan menulis teks berita melalui pendekatan Contekstual Teaching And Learning (CTL) pada siswa kelas XI SMK Kristen Palopo. Berdasarkan hasil uji normalitas, taraf signifikan pretest kelas control yaitu : α = 0.05 < signifikan (0,127), taraf signifikan postest kelas control yaitu : α = 0.05 < signifikan (0,198), sehingga kesimpulannya untuk kelas control adalah tolak H1 (terimah H0), artinya data nilai pretest dan posttest kelas control mengikuti distribusi normal. Taraf signifikan pretest kelas eksperimen yaitu : α = 0.05 < signifikan (0,129), taraf signifikan posttest kelas eksperimen yaitu : α = 0.05 < signifikan (0,391), sehingga kesimpulannya untuk kelas control adalah tolak H1 (terimah H0), artinya data nilai pretest dan posttest kelas eksperimen mengikuti distribusi normal. Setelaah diterapkan pendekatan Contekstual Teaching And Learning (CTL), ada peningkatan jumlah siswa yang memperoleh nilai di atas 77, yaitu dari 19 jumlah siswa ada 18 orang yang memperoleh nilai di atas 77, diantaranya adalah: Nilai 98 diperoleh 1 orang siswa, nilai 96 diperoleh 1 orang siswa, nilai 95 diperoleh 3 orang siswa, nilai 93 diperoleh 2 orang siswa, nilai 92 diperoleh 2 orang siswa, nilai 90 diperoleh 2 orang siswa, nilai 87 diperoleh 3 orang siswa, nilai 85 diperoleh 2 orang siswa, nilai 83 diperoleh oleh 2 orang siswa, dari jumlah siswa pemerolehan nilai tersebut hingga memperoleh angka persentase mencapai 95%, ini. Hal ini berarti penerapan pendekatan Contekstual Teaching And Learning (CTL) efektif pada pembelajaran menulis teks berita pada siswa kelas XI SMK Kristen Palopo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorBETA, DRS. Pancana Beta, M.PdNIDN0010016205
UNSPECIFIEDSUPARMAN, Suparman, S.S., M.HumNIDN0926038701
Uncontrolled Keywords: menulis, berita dan Contekstual Teaching And Learning (CTL)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 11 Oct 2021 06:33
Last Modified: 11 Oct 2021 06:33
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/657

Actions (login required)

View Item View Item