KEEFEKTIFAN MEDIA PUZZLE DALAM PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 ENREKANG KABUPATEN ENREKANG

RAHMAWATI, RAHMAWATI (2020) KEEFEKTIFAN MEDIA PUZZLE DALAM PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 ENREKANG KABUPATEN ENREKANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
RAHMAWATI-1601403053.pdf

Download (5MB)

Abstract

Rahmawati. 2020, Keefektifan Media Puzzle dalam Pembelajaran Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Enrekang Kabupaten Enrekang (dibimbing oleh Hj. Marlia Muklim dan Abd. Rahim Ruspa.) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media puzzle dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Enrekang Kabupaten Enrekang. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 6 Enrekang, dengan jenis penelitian kuantitatif bersifat penelitian eksperimen menggunakan desain penelitian preetest-posttest control group design. Pengambilan sampel ditentukan secara acak (random sampling). Dari hasil secara tersebut diperoleh kelas VIII A dengan jumlah siswa 29 orang siswa dan kelas VIII B dengan jumlah 28 orang siswa. Data analisis dengan menggunakan analisis data statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa H1: Media puzzle efektif digunakan dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Enrekang dan H0: Media puzzle tidak efektif digunakan dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Enrekang. Hasil belajar siswa menulis karangan deskripsi siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Enrekang Kabupaten Enrekang yang tidak menggunakan media puzzle sebanyak 29 orang, pada kategori sangat rendah terdapat 1 orang siswa dengan presentase 3,4%, pada kategori rendah terdapat 16 orang siswa dengan presentase 55,1% pada kategori sedang terdapat 11 orang siswa dengan persentase 37,8% pada kategori tinggi terdapat 1 orang siswa dengan persentase 3,4% dan tidak ada yang mendapatkan nilai tertinggi. Hasil belajar siswa menulis karangan deskripsi siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Enrekang Kabupaten Enrekang yang menggunakan media puzzle sebanyak 28 oarang siswa, pada kategori sangat rendah dan rendah tidak ada siswa yang mendapatkan nilai sangat rendah dan rendah dengan persentase 0%, pada kategori sedang terdapat 1 orang siswa dengan persentase 3,6%, pada kategori tinggi terdapat 23 orang siswa dengan persentase 82,2% dan kategori sangat tinggi terdapat 4 orang siswa dengan persentase 14,3%. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran menulis karangan deskripsi siswa dengan menggunakan media puzzle dapat dikatakan efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorMUKLIM, Dr. Hj. Marlia Muklim, M.PdNIDN0902068401
UNSPECIFIEDRUSPA, Abd. Rahim Ruspa, S.Pd., M.PdNIDN0930098802
Uncontrolled Keywords: menulis; karangan deskripsi; media puzzle
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 11 Oct 2021 06:27
Last Modified: 11 Oct 2021 06:27
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/656

Actions (login required)

View Item View Item