PERANAN GURU DALAM MEMBINA KEDISIPLINAN SISWA DI SMP NEGERI 2 PALOPO MELALUI PENDEKATAN KETELADANAN GURU

ALAMSYACH, LUCKY (2021) PERANAN GURU DALAM MEMBINA KEDISIPLINAN SISWA DI SMP NEGERI 2 PALOPO MELALUI PENDEKATAN KETELADANAN GURU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
LUCKY ALAMSYACH-1601401035.pdf

Download (675kB)

Abstract

Lucky Alamsyach. 2020. Peranan Guru dalam Membina Kedisiplinan Siswa SMPN 2 Palopo melalui Pendekatan keteladan Guru Kota Palopo (dibimbing oleh Rusdiana Junaid dan Jusrianto). Penelitian ini bertujuan mengetahui peranan guru dalam membina kedisiplinan siswa SMPN 2 Palopo melalui pendekatan keteladan guru. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 2 Palopo. Jenis penelitian digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yakni kepala sekolah SMPN 2 Palopo dan guru PPKn SMPN 2 Palopo. Sumber data digunakan yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer ialah kepala sekolah SMPN 2 Palopo, tenaga pendidik dan wali siswa. Data utama dalam penelitian ini adalah data peserta didik SMPN 2 Palopo dan data tenaga pendidik. Data sekunder dalam penelitian ini dikumpulkan oleh peneliti sebagai penunjang data primer. Data sekunder didapatkan melalui dokumentasi-dokumentasi saat observasi di SMPN 2 Palopo. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan wawancara 2 orang guru PPKn yaitu guru PPKn kelas VIII dan guru PPKn kelas IX sebagai responden. Teknik analisis data digunakan yaitu: (1) reduksi data; (2) penyajian data; (3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian di SMPN 2 Palopo menunjukkan bahwa: 1) Mengontrol perbuatan diri sendiri untuk berbuat baik kepada sesama guru maupun siswa, kedisiplinan waktu harus diutamakan bagi seorang guru, waktu masuk sekolah baik dalam proses pembelajaran dan menjadi parameter kedisiplinan guru. 2) Melakukan komunikasi dengan siswa yang hanya ada kaitannya dengan profesi menegur masalah kedisiplinan, kerapaian, dan tugas- tugas sapalah siswa dengan bahan komunikasi ringan untuk memecahkan kebekuan dan semakin mendekatkan hubungan antara guru dan siswa. Persepsi guru dalam penegakkan kedisiplinan di SMPN 2 Palopo menunjukkan bahwa: 1) Kedisiplinan waktu bagi guru di lingkungan sekolah, kedisiplinan sikap guru dalam beribadah memberikan contoh kepada siswa, dan kedisiplinan sosial yang berhubungan dengan masyarakat dan lingkungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorJUNAID, Dr. Rusdiana Junaid, M.Hum., M.ANIDN0024065801
UNSPECIFIEDJUSRIANTO, Jusrianto, S.Pd., M.PdNIDN0914128802
Uncontrolled Keywords: Peranan Guru, kedisiplinan, keteladanan.
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 09 Oct 2021 04:24
Last Modified: 09 Oct 2021 04:24
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/654

Actions (login required)

View Item View Item