PENERAPAN METODE JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PPKn) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 108 SALUJAMBU KABUPATEN LUWU

IQRAMULLAH, IQRAMULLAH (2020) PENERAPAN METODE JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PPKn) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 108 SALUJAMBU KABUPATEN LUWU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
IQRAMULLAH-1401401102.pdf

Download (1MB)

Abstract

Iqramullah. 2019. Penerapan Metode Jigsaw dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 108 Salujambu Kabupaten Luwu (dibimbing oleh Anwar Sinare dan Muh. Ilyas). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui mengetahui penerapan metode jigsaw dalam pembelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan (PPKn) terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas V SDN 108 Salujambu Kabupaten Luwu. Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah one group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas V SDN 108 Salujambu Kabupaten Luwu sebanyak 25 siswa. Sampel yang diambil sebanyak 25 orang menggunakan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis statistik deskriptif. Statistik deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar PPKn siswa kelas V SDN 108 Salujambu sebelum dibelajarkan dengan menggunakan metode jigsaw berada pada kategori kurang dengan nilai rata-rata 52,4. Sedangkan hasil belajar PPKn siswa kelas V SDN 108 Salujambu setelah dibelajarkan dengan menggunakan metode jigsaw berada pada kategori baik dengan nilai rata-rata 74,0. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan metode jigsaw dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 108 Salujambu Kabupaten Luwu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSINARE, Drs. H. Anwar Sinare, M.PdNIDN9990118124
UNSPECIFIEDILYAS, Drs. Muh. Ilyas, M.Si.NIDN9909126178
Uncontrolled Keywords: Metode jigsaw, hasil belajar, PPKn
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 09 Oct 2021 04:14
Last Modified: 09 Oct 2021 04:14
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/652

Actions (login required)

View Item View Item