PERANAN GURU PPKn DALAM MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI METODE DISKUSI SMPN SATU ATAP TO’BAKKUNG KECAMATAN WALENRANG UTARA KABUPATEN LUWU

THAMRIN, HAPSAH (2020) PERANAN GURU PPKn DALAM MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI METODE DISKUSI SMPN SATU ATAP TO’BAKKUNG KECAMATAN WALENRANG UTARA KABUPATEN LUWU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
HAPSAH THAMRIN-1601401048.pdf

Download (1MB)

Abstract

Hapsah Thamrin. 2020. Peranan Guru PPKn Dalam Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Melalui Metode Diskusi SMPN Satu Atap To’Bakkung Kecamatan Walenrang Utara Kabupaten Luwu. (dibimbing oleh Rusdiana Junaid dan Muslim Andi Yusuf ). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana peranan guru meningkatkan berpikir kritis siswa kelas VII melalui metode diskusi pada mata pelajaran PPKn di SMPN Satu Atap To’Bakkung.Jenis dari penelitian ini adalah kualitatif, dengan menggunakan desain penelitian wawancara.Subjek dalam peneliti ini adalah kelas VII berjumlah 27 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa peranan guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan metode diskusi adalah, Guru memberikan arahan,guru menjelaskan dan menggambarkan beberapa aspek masalah, guru menambahkan hasil dari kesimpulan dan memberikan informasi tambahan sebagai pengetahuan tambahan bagi siswa, Guru menyediakan referensi atau sumber-sumber lain, dan menjelaskan secara singkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorJUNAID, Dr. Rusdiana Junaid, M.Hum., M.ANIDN0024065801
UNSPECIFIEDYUSUF, Muslim Andi Yusuf, S.H., M.HNIDN0907028305
Uncontrolled Keywords: Peranan guru PPKn, berpikir kritis siswa, metode diskusi, SMPN 1 Atap To’Bakkung.
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 09 Oct 2021 03:54
Last Modified: 09 Oct 2021 03:54
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/649

Actions (login required)

View Item View Item