KORELASI ANTARA PRESTASI BELAJAR TERHADAP KESETIAKAWANAN SOSIAL SISWA DI SMP NEGERI 2 PALOPO

REKI, REKI (2020) KORELASI ANTARA PRESTASI BELAJAR TERHADAP KESETIAKAWANAN SOSIAL SISWA DI SMP NEGERI 2 PALOPO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
REKI -1601401032.pdf

Download (2MB)

Abstract

Reki. 2020. Korelasi Antara Prestasi Belajar terhadap Kesetiakawanan Sosial Siswa di SMP Negeri 2 Palopo (dibimbing oleh H. Hanafie Mahtika dan Jusrianto) Skripsi ini membahas tentang bagaimana hubungan antara prestasi belajar terhadap kesetiakawanan sosial siswa di SMP Negeri 2 Palopo. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah ex-postfacto korelasi. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas VIII yang berjumlah 64 siswa. Adapun intrumen peneltian yang digunakan adalah tes dan nontes dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah (1) observasi, (2) angket, (3) dokumentasi. Teknik analisis pada penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif (1) Uji Validitas, (2) Uji Reliabilitas dan analisis statistik Iferensial (1) Uji Normalitas, (2) Uji linearitas, (3) Uji Hipotesis. Berdasarkan hasil analisis regeresi sederhana, nilai koefisien variabel kesetiakawanan sosial bernilai positif dapat diartikan bahwa setiap peningkatan kesetiakawanan sosial sebesar 1, maka prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PPKn juga akan meningkat sebesar 0,427. Hasil ini didukung analisisl korelasi diperoleh bahwa koefisien korelasi antara kesetiakawanan sosial (X) dengan prestasi belajar siswa (Y) adalah sebesar (r) = 0,253 disertai signifikansi 0,001. Berdasarkan kriteria keputusan di atas maka dapat simpulkan bahwa korelasi dari kedua variabel tersebut adalah signifikan, oleh karena signifikasi yang menyertainya lebih kecil dari 0,05 (0,04 < 0,05). Korelasi yang terjadi bersifat positif, artinya apabila variabel bebas (independent) meningkat, maka akan disertai oleh meningkatnya variabel terikat (dependent). Meskipun berdasarkan kategori nilai kekuatan hubungan termasuk rendah. maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi terdapat hubungan antara kesetiakawanan sosial dengan prestasi belajar mata pelajaran PPKn. Dari hasil analisis di atas diperoleh kesimpulan bahwa terdapat hubungan positif antara kesetiakawanan sosial dengan prestasi belajar mata pelajaran PPKn. Dengan kata lain prestasi belajar dapat ditingkatkan dengan kesetiakawanan sosial di SMP Negeri 2 Palopo

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorMAHTIKA, Prof. Drs. H. Hanafie Mahtika, MSNIDN9900003736
UNSPECIFIEDJUSRIANTO, Jusrianto, S.Pd., M.PdNIDN0914128802
Uncontrolled Keywords: Pretasi Belajar, Kesetiakawanan Sosial, PPKn
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 09 Oct 2021 03:28
Last Modified: 09 Oct 2021 03:28
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/645

Actions (login required)

View Item View Item