PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 PALOPO

HASNIA, HASNIA (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 PALOPO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
HASNIA -1601401003.pdf

Download (2MB)

Abstract

Hasnia. 2020.Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Palopo. (dibimbing oleh H. Hanafie Mahtika dan Jusrianto) Skripsi ini membahas tentang Bagaimana penerapan model pembelajaran problem posing terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Palopo.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian ekspermen semu dengan desain penelitian one group pretest-posttest designs.Sampel pada penelitian ini yaitu kelas VIII C yang berjumlah 32 siswa. Adapun intrumen peneltian yang digunakan adalah (1) Tes hasil belajar, (2) Lembar observasi aktivitas siswa, (3) Angket respons siswa, (4) Lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran. Teknik analisis pada penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik Iferensial (1) Uji Normalitas, (2) Uji Hipotesis. Berdasarkan hasil analisis hasil belajar PPKn siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Palopo sebelum dan sesudah diajar dengan menggunakan model Problem Posing mengalami peningkatan. Sbelum diajar dengan model Problem Posing dengan skor rata-rata sebesar 31,00 dan setelah diajar menggunakan model Problem Posing mengalami peningkatan dengan skor rata-rata sebesar 86,94. Aktivitas siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Palopo saat diterapkan model Problem Posing dikategorikan aktof dengan skor rataa-rata siswa sebesar 3,51. Dan respons siswa terhadap model Problem Posing berada pada kategori cenderung positif dengan skor rata-rata siswa sebesar 3,12. Peningkatan hasil hasil belajar PPKn kelas VIII SMP Negeri 2 Palopo dengan menggunakan model Problem Posing sebesar 0,80. Dengan rata-rata nilai posttes melampui nilai KKM (86,94 > 75). Dengan demikian secara umum pembelajaran PPKn dengan menggunakan model pembelajaran Problem Posing efektif di terapkan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Palopo

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorMAHTIKA, Prof. Drs. H. Hanafie Mahtika, MSNIDN9900003736
UNSPECIFIEDJUSRIANTO, Jusrianto, S.Pd., M.PdNIDN0914128802
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Problem Posing, Hasil Belajar, PPKn
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 09 Oct 2021 03:22
Last Modified: 09 Oct 2021 03:22
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/644

Actions (login required)

View Item View Item