YUYUN PRATIWI 1601401011 PERANAN GURU UNTUK MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN KELAS VII DI MTsN KOTA PALOPO

PRATIWI, YUYUN (2020) YUYUN PRATIWI 1601401011 PERANAN GURU UNTUK MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN KELAS VII DI MTsN KOTA PALOPO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
YUYUN PRATIWI 1601401011.pdf

Download (1MB)

Abstract

Yuyun Pratiwi. 2020. Peranan Guru untuk Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PPKn di Kelas VII di MTsN Kota Palopo (dibimbing oleh Rusdiana Junaid dan Jusrianto). Penelitian ini bertujuan mengetahui peranan guru untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PPKn kelas VII di MTsN Kota Palopo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Populasi terdiri dari seluruh guru PPKn di MTsN Kota Palopo, cara pengambilan sampel dalam penelitian ini yakni menggunakan teknik pengambilan secara acak (random sampling) jadi, sampel dari penelitian ini adalah guru PPKn kelas VII A berjumlah 1 orang guru dan guru PPKn kelas VII B berjumlah 1 orang guru di MTsN Kota Palopo. Data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan mewawancarai 2 orang guru PPKn yaitu guru PPKn kelas VII A dan guru PPKn kelas VII B sebagai responden. Tekhnik analisis data yang digunakan yaitu: (1) reduksi data; (2) penyajian data; (3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:a) Guru sebagai pengajar guru senantiasa menguasai bahan atau materi pelajaran yang diajarkan serta senantiasa mengembangkan dalam arti meningkatkan kemampuan dalam hal ilmu yang dimilikinya. b) Guru sebagai pengelola kelas, guru mampu mengelola kelas siswa sebagai lingkungan belajar. Guru mengelola lingkungan belajar yang baik terhadap siswa yang bersifat menantang dan mencapai tujuan pembelajaran. c) Guru sebagai mediator, media guru memiliki pengetahuan dan pemahaman yang cukup tentang media pendidikan karena media pendidikan merupakan alat komunikasi untuk lebih mengefektifkan proses belajar mengajar siswa. d) Guru sebagai fasilitator, mampu mengusahakan sumber belajar yang digunakan yang berguna serta dapat menunjang pencapaian tujuan dan proses belajar mengajar di kelas, baik yang berupa narasumber buku teks, majalah, ataupun surat kabar. e) Guru sebagai evaluator, artinya pada waktu- waktu tertentu guru selalu mengadakan penilaian terhadap hasil yang telah dicapai siswa, baik oleh pihak terdidik ataupun pihak pendidik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorJUNAID, Dr. Rusdiana Junaid, M.Hum., M.ANIDN0024065801
UNSPECIFIEDJUS, Jusrianto, S.Pd., M.PdNIDN0914128802
Uncontrolled Keywords: Peranan Guru, Motivasi Belajar.
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 09 Oct 2021 03:11
Last Modified: 09 Oct 2021 03:11
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/642

Actions (login required)

View Item View Item