EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PKn SISWA UPT SMP NEGERI 1 SABBANG KABUPATEN LUWU UTARA

BERTA, BERTA (2020) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PKn SISWA UPT SMP NEGERI 1 SABBANG KABUPATEN LUWU UTARA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
BERTA-1601401022.pdf

Download (2MB)

Abstract

BERTA.2020.Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran PKn Siswa UPT SMP Negeri 1 Sabbang, Kabupaten Luwu Utara.(Dibimbing oleh Prof. H. Hanafie Mahtika, M.S dan Jusrianto , S.Pd., M.Pd. ). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII A pada mata pelajaran PKn di UPT SMP Negeri 1 Sabbang Kabupaten Luwu Utara melalui Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning. Desain Penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dimana penelitian ini dirancang dalam 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II .Adapun jenis penelitian yaitu deskriptif kualitatif.Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VIIIA berjumlah 31 siswa.Instrumen penelitian yaitu (1) lembar observasi aktivitas siswa, (2) lembar tes.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu (1) observasi, (2) dokumentasi, dan (3) tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa dalam melaksanakan proses pembelajaran PKn pada siswa kelas VIII A di UPT SMP Negeri 1 Sabbang. Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas VIII A UPT SMP Negeri 1 Sabbang. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar siswa melalui tes siklus Idan siklus II. Keberhasilan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 48% sedangkan tingkat keberhasilan yang dicapai pada siklus II mengalami peningkatan lagi menjadi 90,32% atau hampir seluruh siswa dinyatakan berhasil dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PKn) dengan menerapakan model pembelajaran discovery Learning.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorMAHTIKA, Prof. Drs. H. Hanafie Mahtika, MSNIDN9900003736
UNSPECIFIEDJUSRIANTO, Jusrianto, S.Pd., M.PdNIDN0914128802
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran discovery learning, hasil belajar.
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 04 Oct 2021 04:59
Last Modified: 04 Oct 2021 04:59
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/638

Actions (login required)

View Item View Item