PERANAN MOTIVASI ORANG TUA BAGI PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR ANAK DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA KELAS VIII SMPN 2 PALOPO

WUNDE, YOKSAN (2020) PERANAN MOTIVASI ORANG TUA BAGI PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR ANAK DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA KELAS VIII SMPN 2 PALOPO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
YOKSAN WUNDE-1201401081.pdf

Download (3MB)

Abstract

Yoksan Wunde. 2017. Peranan Motivasi Orang Tua Bagi Peningkatan Prestasi Belajar Anak dalam Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (dibimbing oleh H. Hanafie Mahtika dan Jusrianto). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) untuk mengetahui peranan motivasi orang tua dalam meningkatkan prestasi belajar anak pada mata pelajaran PKn kelas VIII SMPN 2 Palopo (2) Untuk mengetahui hambatan yang dialami oleh orang tua terhadap anak dalam meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran PKn kelas VIII SMPN 2 Palopo. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah : (1) Penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif (2) Lokasi penelitian SMPN 2 Palopo (3) Sumber data yaitu orang tua, guru dan siswa(4) Prosedur pengumpulan data, melalui : wawancara, observasi, dokumentasi (5) Teknik analisa data, yakni : pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi (6) Pengecekan KeabsahanTemuan, yakni : triangulasi. Dari hasil penelitiannya adalah : Peranan Motivasi Orang Tua dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Anak Pada Mata Pelajaran PKn yaitu Pemberian Bimbingan, Penyediaan Fasilitas Belajar, Perhatian dan Pengawasan, Hambatan yang dialami oleh orang Tua Terhadap Anak Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Pkn. Hambatan yang dialami oleh orang tua bermacam-macam mulai dari sulitnya ekonomi dan kurangnya pemahaman orang tua dalam mendidik anak karena sebagian orang tua kurang berpendidikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorMAHTIKA, Prof. Drs. H. Hanafie Mahtika, MSNIDN9900003736
UNSPECIFIEDJUSRIANTO, Jusrianto, S.Pd., M.PdNIDN0914128802
Uncontrolled Keywords: motivasi orang tua, peningkatan prestasi belajar PKn
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 04 Oct 2021 04:53
Last Modified: 04 Oct 2021 04:53
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/637

Actions (login required)

View Item View Item