PENERAPAN KREATIVITAS MENGAJAR GURU DALAM MATA PELAJARAN PKn DI SMP NEGERI 2 WALENRANG KABUPATEN LUWU

IRWANTI, IRWANTI (2020) PENERAPAN KREATIVITAS MENGAJAR GURU DALAM MATA PELAJARAN PKn DI SMP NEGERI 2 WALENRANG KABUPATEN LUWU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
IRWANTI.pdf

Download (839kB)

Abstract

Irwanti. 2020. Penerapan Kreativitas Mengajar Guru dalam Mata Pelajaran PKn di SMP Negeri 2 Walenrang Kabupaten Luwu (dibimbing oleh Hanafie Mastika dan Jusrianto). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan kreativitas mengajar guru dalam mata pelajaran PKn di SMP Negeri 2 Walenrang Kabupaten Luwu. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Fokus penelitian ini adalah pengembangan kreativitas mengajar guru PKn dalam kegiatan belajar mengajar dan kelemahan pengembangan kreativitas mengajar guru. Informan dalam penelitian ini yaitu 1 orang guru PPKn bernama Bapak Paret Menge Tibolo. Dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data sebagai berikut: observasi (pengamatan), pedoman wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan Teknik analisa data meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan kreativitas mengajar guru pada pembelajaran PKn yaitu di dalam mengajar guru harus mengembangkan kreativitas mengajar antara lain dengan menggunakan metode yang inovatif, tidak monoton hanya menggunakan metode ceramah saja dan tidak hanya menggunakan satu media saja, tetapi melakukan variasi dalam setiap pembelajaran agar siswa tidak mengalami kejenuhan. Menggunakan beberapa metode mengajar seperti diskusi, tanya jawab, ceramah, penugasan dan permainan serta mengadakan variasi dengan menggunakan dua metode atau lebih ketika mengajar yaitu permainan divariasikan dengan ceramah dan tanya jawab serta mendiskusikan, menemukan sendiri dan mempresentasikan. Kelemahan dalam pengembangan kreativitas mengajar guru pada pembelajaran PKn yaitu salah satunya guru tidak mendapat bantuan dana atau subsidi dari sekolah untuk mengikuti pelatihan-pelatihan, seperti seminar, lokakarya walaupun dari pihak sekolah juga sudah memberikan pelatihan sendiri tetapi dengan mengikuti kegiatan seperti tersebut diharapkan dapat menambah pengalaman guru. Dilihat dari keadaan sekolah masih terbatas atau belum terpenuhi sepenuhnya sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk menunjang pembelajaran yang bervariasi, serta pengadaan sumber belajar seperti keterbatasan buku-buku pelajaran yang masih terbatas jumlahnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorMAHTIKA, Prof. Drs. H. Hanafie Mahtika, MSNIDN9900003736
UNSPECIFIEDJUSRIANTO, Jusrianto, S.Pd., M.PdNIDN0914128802
Uncontrolled Keywords: Kreativitas, mengajar, guru PPKn
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 04 Oct 2021 04:11
Last Modified: 04 Oct 2021 04:11
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/634

Actions (login required)

View Item View Item