STRATEGI GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PEMBENTUKAN PRIBADI YANG UNGGUL TERHADAP SISWA SMP NEGERI 7 PALOPO

JUSRIANI, JUSRIANI (2020) STRATEGI GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PEMBENTUKAN PRIBADI YANG UNGGUL TERHADAP SISWA SMP NEGERI 7 PALOPO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
MUHAMMAD-1601401053.pdf

Download (785kB)

Abstract

Muhammad, 2020. Strategi guru bimbingan dan konseling dalam pembentukan pribadi yang unggul terhadap siswa SMP Negeri 7 Palopo (di bimbing oleh Hanafie Mahtika dan Muslim Andi Yusuf) Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi guru bimbingan dan konseling dalam pembentukkan pribadi yang unggul terhadap siswa SMP Negeri 7 Palopo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi dengan mewawancarai guru bimbingan dan konseling SMP Negeri 7 Palopo. Teknik analisis data yang digunakan yaitu: (1) reduksi data (2) penyajian data dan (3) penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan, diperoleh hasil bahwa strategi guru bimbingan dan konseling dalam pembenukan pribadi unggul siswa terhadap siswa SMP Negeri 7 Palopo yaitu layanan klasikal, guru bimbingan konseling memberikan materi di dalam kelas ke semua siswa tentang bimbingan belajar, pribadi, sosial dan karir untuk perkembangan peserta didik. Sedangkan layanan informasi yang diberikan kepada peserta didik yaitu menyampaikan fungsi dan tujuan bimbingan konseling serta penyampaian secara khusus yang berada di dalam sekolah tentang hari tanpa asap rokok serta informasi tentang obat-obatan terlarang seperti narkoba dan pihak sekolah mengundang narasumber dari dinas kesehatan serta pihak ke polisian. Layanan individu yang di lakukan oleh guru bimbingan konseling yaitu melakukan pengentasan masalah pribadi siswa secara intensip seperti yang kerap terjadi di sekolah yaitu siswa sering terlambat datang ke sekolah, dengan layanan individu ini dapat menyelesaikan permasalahan para siswa serta memberikan arahan agar tidak mengulanginya lagi. Sedangkan layanan kelompok, guru bimbingan konseling melakukan wawancara dengan siswa untuk membicaran kesulitan belajarnya agar dapat ditemukan penyebab dan bagaimana cara mengatasinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorMAHTIKA, Prof. Drs. H. Hanafie Mahtika, MSNIDN9900003736
UNSPECIFIEDYUSUF, Muslim Andi Yusuf, S.H., M.HNIDN0907028305
Uncontrolled Keywords: Strategi guru bimbingan dan konseling, pribadi unggul.
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 26 Jul 2021 08:09
Last Modified: 26 Jul 2021 08:09
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/624

Actions (login required)

View Item View Item