PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN UPT SMP NEGERI 4 SATAP MALANGKE

RAMADANA, RAMADANA (2020) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN UPT SMP NEGERI 4 SATAP MALANGKE. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
RAMADANA-1601401018.pdf

Download (2MB)

Abstract

RAMADANA. 2020. Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Power Point untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PPKn UPT SMP Negeri 4 Satap Malangke Kabupaten Luwu Utara. (dibimbing oleh Rusdiana Junaid dan Jusrianto). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis power point pada mata pelajaran PPKn di SMP Negeri 4 Satap Malangke Kab. Luwu Utara. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dan metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Dalam penelitian ini instrument yang digunakan untuk mengambil data adalah evaluasi dengan tes essay untuk mengetahui lebih jelas hasil belajar siswa melalui media pembelajaran interaktif berbasis power point. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, hasil belajar dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VII B yang berjumlah 19 siswa. Teknik analisis data menggunakan kuantitatif deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan media pembelajaran interaktif berbasis power point dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn kelas VII B SMP Negeri 4 Satap Malangke. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar siswa melalui tes siklus I, dan siklus II. Keberhasilan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 57,89% atau sebanyak 11 siswa dari 19 siswa yang mengikuti evaluasi yang dinyatakan lulus, dan tingkat keberhasilan yang dicapai pada siklus II mengalami peningkatan lagi menjadi 94,73% atau hampir seluruh siswa dinyatakan berhasil dalam menerapkan media pembelajaran interaktif berbasis power point pada mata pelajaran PPKn di UPT SMP Negeri 4 Satap Malangke Kabupaten Luwu Utara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorJUNAID, Dr. Rusdiana Junaid, M.Hum., M.ANIDN0024065801
UNSPECIFIEDJUSRIANTO, Jusrianto, S.Pd., M.PdNIDN0914128802
Uncontrolled Keywords: power point, hasil belajar, PPKn
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 26 Jul 2021 07:49
Last Modified: 26 Jul 2021 07:49
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/621

Actions (login required)

View Item View Item