GITA, GITA (2020) KREATIVITAS GURU PPKn DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn DI MTsN KOTA PALOPO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.
![]() |
Text
GITA-1601401013.pdf Download (2MB) |
Abstract
Gita. 2020. Kreativitas Guru PPKn dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PPKn di MTsN Kota Palopo (dibimbing oleh Rusdiana Junaid dan Jusrianto). Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana kreativitas guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di MTsN Kota Palopo. Penelitian ini dilaksanakan di MTsN Kota Palopo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Populasi terdiri dari seluruh guru PPKn di MTsN Kota Palopo, cara pengambilan sampel dalam penelitian ini yakni menggunakan teknik pengambilan secara acak (random sampling) jadi, sampel dari penelitian ini adalah 2 orang guru PPKn kelas VIII dan IX di MTsN Kota Palopo. Data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan mewawancarai 2 orang guru PPKn yaitu guru PPKn kelas VIII dan guru PPKn kelas IX sebagai responden. Tekhnik analisis data yang digunakan yaitu: (1) reduksi data; (2) penyajian data; (3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa a) pengembangan kreativitas mengajar guru untuk menumbuhkan minat belajar siswanya dan guru diharapkan menciptakan suatu strategi mengajar yang cukup efektif dan kreatif, b) kreativitas dalam merancang rencana pelaksanaan pembelajaran untuk merencanakan pembelajaran serta menjalankan pembelajaran sesuai dengan tujuan pendidikan, c) kreativitas dalam pengelolaan program belajar mengajar guru harus betul-betul mengetahui situasi dan kondisi siswa sebelum memberikan materi dikelas, d) kreativitas dalam pengelolaan kelas yaitu siswa merespon materi yang guru sampaikan pada saat proses pembelajaran berlangsung, e) kreativitas dalam menggunakan metode dan media pembelajaran agar pembelajaran di kelas dapat menarik perhatian siswa. Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PPKn yaitu: (1) faktor internal seperti keinginan atau rasa senang yang mendorong siswa untuk terus belajar di dalam maupun di luar lingkungan sekolah; (2) faktor eksternal seperti guru, sekolah, lingkungan, dan orang tua. Faktor eksternal yang membuat siswa di MTsN Kota Palopo kurang termotivasi dalam pembelajaran yaitu: a) kurangnya dukungan dari orang tua; b) lingkungan disekitar siswa seperti pengaruh dari teman sebayanya yang suka bolos dan malas mengikuti mata pelajaran PPKn.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kreativitas Guru, Motivasi Belajar. | |||||||||
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Tugas Akhir > Skripsi |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan | |||||||||
Depositing User: | mrs Dachliana Baderu | |||||||||
Date Deposited: | 24 Jul 2021 05:15 | |||||||||
Last Modified: | 24 Jul 2021 05:15 | |||||||||
URI: | http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/618 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |