PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SDN 31 SALOTELLUE

ARMAND, ADE (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SDN 31 SALOTELLUE. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
ADE ARMANDO-1601414277.pdf

Download (2MB)

Abstract

Ade Armand, 2020. Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik melalui Pendekatan Kontekstual pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SDN 31 Salotellue (dibimbing oleh Sri Damayanti dan Erni). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan pendekatan kontekstual pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas V SD Negeri 31 Salotellue. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tahapan-tahapan yang dilakukan meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan dan observasi serta refleksi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri 31 Salotellue yang berjumlah 23 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, pengamatan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterampilan menulis paragraf di kelas V SD Negeri 31 Salotellue melalui pendekatan kontekstual mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukan dengan nilai rata-rata kelas dalam menulis paragraf mengalami peningkatan dari prasiklus, siklus I, dan siklus II. Nilai rata-rata menulis paragraf pada prasiklus sebesar 67%; siklus I sebesar 74%; peningkatan sebesar 7%, dan siklua siklus II sebesar 80%; peningkatan dari siklus I sebesar 6%. Hal tersebut sudah mencapai kriteria ketuntasan minimal yang telah ditetapkan dan membuktikan bahwa terjadi peningkatan keterampilan menulis paragraf narasi di kelas V SD Negeri 31 Salotellue melalui pendekatan kontekstual.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorDAMAYANTI, Sri Damayanti S, S.s., M. HumNIDN0016037902
UNSPECIFIEDERNI, Erni, S.Pd. SD. M.PdNIDN0911118108
Uncontrolled Keywords: menulis paragraf, pendekatan kontekstual
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 24 Jul 2021 03:42
Last Modified: 24 Jul 2021 03:42
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/611

Actions (login required)

View Item View Item