PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI PENGGUNAAN METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) SISWA KELAS VA SDN 32 LAGALIGO

HUBUNGAN, NASTI (2020) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI PENGGUNAAN METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) SISWA KELAS VA SDN 32 LAGALIGO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
Nasti Hubungan-1601414301.pdf

Download (3MB)

Abstract

Nasti Hubungan. 2020. Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Penggunaan Metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Siswa Kelas VA SD Negeri 32 Lagaligo (dibimbing oleh Sehe Madeamin dan Jusrianto. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran dan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VA SD Negeri 32 Lagaligo melalui penggunaan metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian menggunakan model Kemmis & McTaggart yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VA SD Negeri 32 Lagaligo terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Metode pengumpulan data menggunakan tes objektif dan observasi. Tes objektif digunakan untuk mengukur kemampuan membaca pemahaman sedangkan lembar observsi bertujuan mengamati aktivitas siswa dan guru.. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan proses pembel ajaran dan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VA SD Negeri 32 Lagalitgo. Hal itu ditunjukkan dengan adanya peningkatan jumlah siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan peningkatan nilai rata-rata tes. Jumlah siswa yang mencapai KKM pada pratindakan sebesar 40%, siklus I sebesar 56,52%, dan akhir siklus II sebesar 82,60%, sedangkan nilai rata-rata tes pratindakan 60, siklus I 68, dan akhir siklus II 75. Peningkatan proses pembelajaran dapat dilihat dari keaktifan siswa saat bekerja sama dalam kelompok, mereka antusias ketika mengkomunikasikan jawaban yang mereka temukan kepada teman kelompok lain serta memberikan tanggapan terhadap jawaban yang telah disajikan oleh kelompok lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorMADEAMIN, Dr. H. Sehe Madeamin, M.PdNIDN0001016505
UNSPECIFIEDJUSRIANTO, Jusrianto, S.Pd., M.PdNIDN0914128802
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 23 Jul 2021 08:04
Last Modified: 23 Jul 2021 08:04
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/606

Actions (login required)

View Item View Item