PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 92 KARETAN

ALFRIDA, ALFRIDA (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 92 KARETAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
ALFRIDA-1601414263.pdf

Download (2MB)

Abstract

Alfrida, 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Teams Games Tournaments (TGT) terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 92 Karetan (Dibimbing oleh Muhammad Ilyas dan Rosmalah Yanti). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, tujuan dalam penelitian ini yakni untuk mengetahui penerapan model pembelajaran tipe Teams Games Tournaments untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 92 Karetan, hipotesis dalam penelitian ini digunakan untuk menguji pengaruh model pembelajaran tipe Teams Games Tournaments, uji hipotesis yang digunakan Uji-t dilakukan berdasarkan hasil belajar dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen, populasi dalam penelitian ini yakni sebagian siswa kelas V yang berjumblah 20 orang siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode Purposive sampling. Instrumen dalam penelitian ini berupa Pretest dan Posttest, lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran tipe Teams Games Tournaments. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan menggunakan analisis statistika deskriptif dan statistika inferensial dengan uji t. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa sebelum penerapan model tipe Teams Games Tournaments berada pada kategori rendah dan setelah penerapan model pembelajaran tipe Teams Games Tournaments berada pada kategori tinggi. Berdasarkan analisis Statistic deskriptif menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran tipe Teams Games Tournaments berpengaruh untuk meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V SD Negeri 92 Karetan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorILYAS, Dr. Muhammad Ilyas, M. PdNIDN0021076502
UNSPECIFIEDYANTI, Rosmalah Yanti, S,Pd., M.PdNIDN0910128803
Uncontrolled Keywords: hasil belajar; ilmu pengetahuan alam; team game tournament
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 23 Jul 2021 07:36
Last Modified: 23 Jul 2021 07:36
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/603

Actions (login required)

View Item View Item