PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SDN 104 WIWITAN

ISLAMI, DWI NUR (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SDN 104 WIWITAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
DWI NUR ISLAMI_1601414236_PGSD.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dwi Nur Islami, 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika Di Kelas IV SDN 104 Wiwitan (Dibimbing oleh Ma’rufi dan Hardianto). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika Di Kelas IV SDN 104 Wiwitan. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah the one group pretest posttest design, Satuan eksperimen dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang terdiri dari 2 kelas dan terpilih sebagai sampel yaitu kelas IV A yang berjumlah 24 orang siswa. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes hasil belajar berupa LKS, pretest dan posttest, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, dan lembar observasi aktivitas siswa. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan menggunakan analisis statistika deskriptif dimana diperoleh skor rata-rata hasil belajar siswa untuk posttest meningkat atau melebihi KKM yaitu 80.0 dengan kategori tinggi serta pada analisis statistika inferensial dengan uji-t diperolah hasil bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika di kelas IV SDN 104 Wiwitan. Sehingga dapat disimpulkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match berada pada kategori sedang dan setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match meningkat dan berada pada kategori tinggi hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika di kelas IV SDN 104 Wiwitan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorMA'RUFI, Dr. Ma’rufi, M.PdNIDN0903086802
UNSPECIFIEDHARDIANTO, Hardianto, S.Pd., M.PdNIDN0915078902
Uncontrolled Keywords: Kooperatif Tipe Make a Match, Hasil Belajar, Matematika.
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 23 Jul 2021 07:30
Last Modified: 23 Jul 2021 07:30
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/602

Actions (login required)

View Item View Item