PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE ROLE PLAYING PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS IV SDN 32 MARINDING KABUPATEN LUWU

SAPARUDDIN, FARIDAH (2021) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE ROLE PLAYING PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS IV SDN 32 MARINDING KABUPATEN LUWU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
FARIDAH SAPARUDDIN-1601414303.pdf

Download (3MB)

Abstract

Faridah Saparuddin. 2020. Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Metode Role Playing pada Pembelajaran IPS di Kelas IV SDN 32 Marinding Kabupaten Luwu (dibimbing oleh Sehe Madeamin dan Sunardin) Penelitian ini bertujuan (1) untuk menigkatkan hasil belajar siswa melalui metode Role Playing pada pembelajaran IPS di kelas IV SDN 32 Marinding Kabupaten Luwu (2) Untuk mengetahui penigkatan hasil belajar siswa melalui metode Role Playing pada pembelajaran IPS di kelas IV SDN 32 Marinding Kabupaten Luwu. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di Provinsi Sulawesi Selatan, Kabupaten Luwu, Kecamatan Bajo Barat, Kelurahan Marinding. Subjek penelitian ini terdiri dari 20 siswa, dimana 9 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Desain yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan desain model Kemmis dan Mc Taggert. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan 2 siklus dimana setiap siklus dilaksanakan sesuai model penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan atau tindakan, evaluasi, observasi, dan refleksi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu role playing dengan mengumpulkan data menggunakan lembar observasi, Tes Hasil belajar siswa, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Role Playing mampu meningkatkan keterampilan membaca permulaan terbukti data yang ada bahwa pada saat pratindakan rata-rata Hasil Belajar siswa yaitu 60,15 atau 20% siswa yang memenuhi nilai kriteria ketuntasan, kemudian mengalami peningkatan saat menggunakan metode Role Playing pada siklus 1 diperoleh 66,88 dengan presentase ketuntasan 70% siswa yang memenuhi nilai kriteria ketuntasan, dan mengalami peningkatan yang baik saat siklus 2 dilaksanakan dengan menggunakan metode Role Playing dengan nilai rata-rata hasi belajar siswa 71,91 dan peresentase ketuntasan 85% siswa yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM). Adapun Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 65. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan metode Role Playing dapat meningkatkan Hasil belajar siswa kelas IV di SDN 32 Marinding Kabupaten Luwu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorMADEAMIN, Dr. H. Sehe Madeamin, M.PdNIDN0001016505
UNSPECIFIEDSUNARDIN, Sunardin, S.Pd., M.PdNIDN0902108903
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Hasil Belajar, Metode Role Playing, Pembelajaran IPS
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 23 Jul 2021 07:26
Last Modified: 23 Jul 2021 07:26
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/601

Actions (login required)

View Item View Item