PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW PADA MATA PELAJARAN PKN SISWA KELAS IV SDN 06 BOGAR KOTA PALOPO

SARI, PUSPA (2020) PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW PADA MATA PELAJARAN PKN SISWA KELAS IV SDN 06 BOGAR KOTA PALOPO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
FITRIANI_1601414071.pdf

Download (2MB)

Abstract

FITRIANI. 2020. Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa dengan Pembelajaran PKn Melalui Model Kooperatif Jigsaw Pada Siswa Kelas Iv Sdn 06 Bogar Kota Palopo (dibimbing oleh Sri Damayanti Dan Jusrianto) Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keaktifan belajar siswa pada pembelajaran PKn melalui model kooperatif jigsaw di kelas IV SDN 06 Bogar Kota Palopo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas ( PTK). PTK dilaksanakan sebagai upaya untuk mengatasi permasalahan yang muncul di dalam kelas. Metode ini dilakukan dalam 4 (empat) tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Ke empat tahap tersebut merupakan siklus yang berlangsung secara berulang dan dilakukan dengan langkah-langkah yang sama dan difokuskan pada peningkatan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran PKn sebagai tujuan dari penelitian yang dilakukan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari-Maret 2020 di SDN 06 Bogar Kota Palopo. Dengan subjek penelitian kelas IV-A. Penelitian dilakukan selama 2 (dua) siklus dengan masing-masing siklus selama 2 (dua) pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat peningkatan keaktifan belajar siswa pada setiap siklusnya. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang aktif pada siklus I sebanyak 5 (lima) orang siswa yang aktif 16,66% siswa yang tidak aktif 12 (dua belas) orang dengan persentase 40,00% dan siswa yang kurang aktif 13 ( tiga belas) orang dengan persentase 43,33% dengan rata-rata keaktifan belajar siswa sebesar 64,77%. Pada siklus II keaktifan belajar siswa meningkat dengan terdapatnya siswa yang aktif sebesar 24 ( dua puluh empat ) orang dengan persentase 80,00%, dan siswa yang cukup aktif ada 2 (dua) siswa dengan persentase 6,66%. Hasil persentase rata-rata keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran PKn pada siklus II ini sebesar 86,92% dengan dikategorikan baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model kooperatif jigsaw dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada pembelajaran PKn kelas IV SDN 06 Bogar Kota Palopo, karena rata-rata persentase siswa aktif telah mencapai hasil intervensi tindakan yang diharapkan yaitu > 80%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorDAMAYANTI, Sri Damayanti S, S.s., M. HumNIDN0016037902
UNSPECIFIEDJUSRIANTO, Jusrianto, S.Pd., M.PdNIDN0914128802
Uncontrolled Keywords: Keaktifan Belajar, Model Kooperatif Jigsaw.
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 23 Jul 2021 07:13
Last Modified: 23 Jul 2021 07:13
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/600

Actions (login required)

View Item View Item