Mentoring Guru Dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Pedagogical Content Knowledge

Ma’rufi, Ma’rufi and Muhammad Ilyas, Muhammad Ilyas (2017) Mentoring Guru Dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Pedagogical Content Knowledge. Mentoring Guru Dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Pedagogical Content Knowledge, 3 (1). pp. 1-10. ISSN 2443-1109

[img] Text (PROSIDING)
PROSIDING - Mentoring Guru Dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Pedagogical Content Knowledge.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (PEER REVIEW)
1. PEERREVIEW-Mentoring Guru Dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Pedagogical Content Knowledge.pdf - Published Version

Download (464kB)
[img] Text (TURNITIN)
1. Turnitin Artikel Ma'rufi (Prosiding Semnas 2017) (Gabung).pdf - Published Version

Download (489kB)

Abstract

ayanan profesinya untuk kualitas peserta didiknya. Pedagogical Content Knowledge (PCK) adalah pengetahuan yang merupakan integrasi antara pengetahuan konten metematika, pedagogik dan pengetahuan tentang siswa. Pengembangan profesionalisme guru, khususnya guru pemula dapat dilakukan melalui program induksi dan mentoring guru. Artikel ini merupakan bagian dari penelitian pengembangan model mentoring guru berbasis PCK. Tujuan artikel ini adalah mendeskripsikan PCK guru berkaitan dengan jenis pertanyaan yang diajukan guru dalam mengatasi kesalahan dan miskonsepsi siswa pada materi sistem persamaan linear. Mentoring sebagai suatu model pembinaan dan pendampingan guru melalui kolaborasi dosen program studi pendidikan matematika dan guru matematika SMP. Bentuk mentoring dosen terhadap guru berbasis PCK, dapat meningkatkan kompetensi profesionalisme dan kompetensi pedagogik guru, termasuk jenis pertanyaan guru dalam mengatasi kesalahan dan miskonsepsi siswa. Jenis pertanyaan yang diajukan guru dalam mengatasi kesalahan dan miskonsepsi siswa pada materi sistem persamaan linear terdiri atas pertanyaan yang mengarahkan siswa kepada jawaban benar dan pertanyaan yang mendorong siswa untuk berpikir.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pedagogical Content Knowledge, mentoring, guru, jenis pertanyaan, matematika
Subjects: Penelitian dan Pengabdian Masyarakat > Prosiding
Program Pasca Sarjana S2 Pendidikan Matematika > S2 Pendidikan Matematika
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Studi S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Syafriadi Uncp
Date Deposited: 09 May 2020 16:36
Last Modified: 11 May 2020 16:36
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/6

Actions (login required)

View Item View Item