PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN 06 BOGAR KOTA PALOPO

EMILIANA, EMILIANA (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN 06 BOGAR KOTA PALOPO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
EMILIANA-1601414105.pdf

Download (2MB)

Abstract

Emiliana. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Stad (Student Team Achievement Division) Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN 06 Bogar Kota Palopo. (dibimbing oleh Sri Damayanti dan Reski Pilu). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar Bahasa Indonesia dengan model pembelajaran STAD (Student Team Achievement Division) siswa kelas V SDN 06 Bogar Kota Palopo. Fokus penelitian ini adalah aktivitas siswa, motivasi belajar dan hasil belajar siswa berdasarkan lembar observasi, angket dan tes yang diberikan kepada siswa. Subjek penelitian ini adalah 24 orang pada semester genap Tahun Ajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, angket, tes dan dokumentasi. Analisis data dikaji menggunakan data yang dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui model pembelajaran STAD (Student Team Achievement Division) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN 06 Bogar. Penelitian dilaksanakan secara bersiklus antara siklus 1 dan siklus 2, pada siklus ke 2 terlihat motivasi dan hasil belajar siswa meningkat. Peningkatan tersebut ditunjukkan dengan ketercapaian KKM yang meningkat, yaitu motivasi belajar siswa pada siklus 1 menunjukkan siswa yang mendapat nilai ≥70 berjumlah 10 siswa atau 42% dengan kategori tuntas dan siswa yang mendapat nilai ≤70 berjumlah 14 siswa atau 58% dengan kategori tidak tuntas, hasil belajar siswa pada siklus 1 menunjukkan siswa yang mendapat nilai ≥70 berjumlah 11 siswa atau 46% dengan kategori tuntas dan siswa yang mendapat nilai ≤70 berjumlah 13 siswa atau 54% dengan kategori tidak tuntas. Pada siklus ke 2 motivasi belajar siswa meningkat, siswa yang mendapat nilai ≥70 berjumlah 23 siswa atau 96% dengan kategori tuntas dan siswa yang mendapat nilai ≤70 berjumlah 1 siswa atau 4% dengan kategori tidak tuntas, pada siklus ke 2 menunjukkan pula jika hasil belajar siswa meningkat, siswa yang mendapat nilai ≥70 berjumlah 23 siswa atau 96% dengan kategori tuntas dan siswa yang mendapat nilai ≤70 berjumlah 1 siswa atau 4% dengan kategori tidak tuntas. Siswa yang mendapat nilai ≥70 telah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan yaitu 80% dengan kategori baik. Oleh karena itu, klasifikasi tingkat ketuntasan hasil siklus 2 secara klasikal telah tercapai atau berhasil dengan kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorDAMAYANTI, Sri Damayanti S, S.s., M. HumNIDN0016037902
UNSPECIFIEDPILU, Reski Pilu, S.Pd., M.PdNIDN0911118603
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar, hasil belajar, Bahasa Inonesia, STAD (Student Team Achievement Division)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 23 Jul 2021 07:01
Last Modified: 23 Jul 2021 07:01
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/599

Actions (login required)

View Item View Item