PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS IV SDN 104 WIWITAN KECAMATAN LAMASI KABUPATEN LUWU

LASTRIANI, LASTRIANI (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS IV SDN 104 WIWITAN KECAMATAN LAMASI KABUPATEN LUWU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
LASTRIANI 1601414040.pdf

Download (4MB)

Abstract

LASTRIANI, 2020, Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA di Kelas IV SDN 104 Wiwitan, Kecamatan Lamasi, Kabupaten Luwu. (dibimbing oleh Ma’rufi dan Andi Kilawati) Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui: (1) Motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA sebelum dan setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick, (2) Hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA sebelum dan setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick. Satuan eksperimen dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 104 Wiwitan, Kecamatan Lamasi, Kabupaten Luwu yang diberi perlakuan adalah kelas IV B yang ditentukan pengambilan sampel dengan teknik Cluster Random Sampling dengan pertimbangan bahwa seluruh kelas IV adalah homogen. Penelitian dilakukan sebanyak 4 kali pertemuan dengan menggunakan model Only One Group Pretest Postest Design. Adapun teknik pengambilan data dilakukan tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest) dengan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif dan inferensial. Adapun krtiteria berpengaruh yaitu Skor motivasi belajar minimal pada kategori baik, Skor hasil belajar minimal pada kategori tinggi, Rata-rata gain ternormalisasi minimal pada kategori sedang dan rata-rata hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran minimal pada kategori terlaksana dengan baik sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick memiliki pengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas IV SDN 104 Wiwitan, Kecamatan Lamasi, Kabupaten Luwu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorMA'RUFI, Dr. Ma’rufi, M.PdNIDN0903086802
UNSPECIFIEDKILAWATI, Andi Kilawati, S.Pd., M.Pd,NIDN0902079002
Uncontrolled Keywords: Kooperatif tipe Talking Stick, motivasi dan hasil belajar IPA
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 23 Jul 2021 04:32
Last Modified: 23 Jul 2021 04:32
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/597

Actions (login required)

View Item View Item