PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPSI MELALUI METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SDN 216 KOPI – KOPI KECAMATAN BONE – BONE KABUPATEN LUWU UTARA

YULINIAR, YULINIAR (2020) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPSI MELALUI METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SDN 216 KOPI – KOPI KECAMATAN BONE – BONE KABUPATEN LUWU UTARA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
Yuliniar (1601414090).pdf

Download (1MB)

Abstract

Yuliniar. 2020.Peningkatan Kemampuan Menulis Deskripsi Melalui Metode Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SDN 216 Kopi – Kopi Kecamatan Bone – Bone Kabupaten Luwu Utara (dibimbing oleh Sri Damayanti S.dan Sunardin) Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan (1) untuk meningkatkan kemampuan menulis deskripsi melalui metode Contextual Teaching and Learning (CTL) pada pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SDN 216 Kopi – Kopi Kecamatan Bone – Bone Kabupaten Luwu Utara. (2)untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis deskripsi melalui metode Contextual Teaching and Learning (CTL) pada pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SDN 216 Kopi – Kopi Kecamatan Bone – Bone Kabupaten Luwu Utara. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 216 Kopi-Kopi dengan jumlah 15 siswa yang terdiri dari 4 siswa perempuan dan 11 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan observasi dan tes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis karangan deskriptif siswa dapat ditingkatkan melalui penerapan metode Contextual Teaching and Learning (CTL). Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN 216 Kopi-Kopi Kecamatan Bone-Bone Kabupaten Luwu Utara dengan langkah-langkah sebagai berikut: konstruktivisme, inkuiri, bertanya, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi dan penilaian nyata (autentik). Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan kemampuan menulis karangan deskripsi siswa melalui penerapan metode Contextual Teaching and Learning (CTL) pada pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN 216 Kopi-Kopi. Hal tersebut dapat dibuktikan pada pra siklus nilai rata-rata kemampuan menulis karangan deskripsi siswa diperoleh 57,60 dengan persentase ketuntasan 0%, siklus I nilai rata-rata kemampuan menulis karangan deskripsi siswa diperoleh 67,73 dengan persentase ketuntasan 33,3% dan meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata menulis karangan deskripsi siswa 76,67 dan persentase ketuntasan 80%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorDAMAYANTI, Sri Damayanti S, S.s., M. HumNIDN0016037902
UNSPECIFIEDSUNARDIN, Sunardin, S.Pd., M.PdNIDN0902108903
Uncontrolled Keywords: Menulis deskripsi, Contextual Teaching and Learning (CTL)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 23 Jul 2021 04:04
Last Modified: 23 Jul 2021 04:04
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/595

Actions (login required)

View Item View Item