PENGARUH MODEL PEMBELAJARANPROBING PROMPTING TERHADAP HASIL DAN MINAT BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDN 003 POMPANIKI KECAMATAN SABBANG SELATAN KABUPATEN LUWU UTARA

ANGRAENI, IIS (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARANPROBING PROMPTING TERHADAP HASIL DAN MINAT BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDN 003 POMPANIKI KECAMATAN SABBANG SELATAN KABUPATEN LUWU UTARA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
IIS ANGREANI (1601414003).pdf

Download (3MB)

Abstract

Iis Angraeni, 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting terhadap Hasil dan Minat Belajar Siswa pada Pelajaran Matematika Kelas IV SDN 003 Pompaniki Kecamatan Sabbang Selatan Kabupaten Luwu Utara. (Dibimbing oleh Muhammad Ilyas dan Hardianto). Penelitian Ini merupakan penelitian Pree Eksperiment, desain yang digunakan dalam penelitian ini yakni One Group Pre Test Post Test Design. Tujuan dalam penelitian ini yakni untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting terhadap Hasil dan Minat Belajar Siswa pada Pelajaran Matematika Kelas IV SDN 003 Pompaniki Kecamatan Sabbang Selatan Kabupaten Luwu Utara. Populasi dan sampel dalam penelitian ini yakni seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 12 orang siswa. Instrument dalam penelitian ini berupa Pre Test dan Post Test, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi aktivitas siswa, angket minat siswa dan angket respon siswa. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan uji t. Data statistik deskriptif diperoleh dari nilai rata-rata Pre Test yaitu 36,89 dan Post Test yaitu 89,67, keterlaksanaan model pembelajaran yaitu 92,50, observasi aktivitas siswa yaitu 86,25, angket minat siswa yaitu 93,89, angket respon siswa yaitu 2,90 dan nilai rata-rata gain ternormalisasi yaitu 0,83. Data statistik inferensial diperoleh yakni dengan nilai signifikansinya yaitu 0.67 (p≥0.05). Maka dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini menunjukkan Model Pembelajaran Probing Prompting berpengaruh terhadap Hasil dan Minat Belajar Siswa pada Pelajaran Matematika Kelas IV SDN 003 Pompaniki Kecamatan Sabbang Selatan Kabupaten Luwu Utara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorILYAS, Dr. Muhammad Ilyas, M. PdNIDN0021076502
UNSPECIFIEDHARDIANTO, Hardianto, S.Pd., M.PdNIDN0915078902
Uncontrolled Keywords: Probing Prompting, Hasil Belajar, Minat Belajar, Matematika.
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 23 Jul 2021 03:58
Last Modified: 23 Jul 2021 03:58
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/594

Actions (login required)

View Item View Item