PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL DAN MINAT BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI 200 CENNING KABUPATEN LUWU UTARA

ULPA, ULPA (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL DAN MINAT BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI 200 CENNING KABUPATEN LUWU UTARA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
ULPA (1601414187).pdf

Download (5MB)

Abstract

Ulpa. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Hasil dan Minat Belajar Siswa pada Pelajaran Matematika Kelas IV SD Negeri 200 Cenning Kabupaten Luwu Utara (dibimbing oleh Ma’rufi dan Hardianto) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil dan minat belajar siswa pada Pelajaran Matematika kelas IV SD Negeri 200 Cenning Kabupaten Luwu Utara. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah one group pretest posttest design. Dalam desain ini, sebelum perlakuan diberikan terlebih dahulu sampel diberi pretest (tes awal) dan di akhir pembelajaran sampel diberi posttest (tes akhir). Penelitian yang penulis lakukan menggunakan populasi siswa kelas IV SD Negeri 200 Cenning. Keseluruhan siswa kelas IV berjumlah 18 orang. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa hasil belajar siswa sebelum penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada materi statistika berada pada kategori sangat kurang (100%). Hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berada pada kategori baik (72,2%). Keterlaksanaan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada materi statistika, yaitu terlaksana dengan baik (nilai rata-rata 87). Aktivitas siswa pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw materi statistika, berada pada kategori aktif (nilai rata-rata 85). Minat belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berada pada kategori sangat tinggi (88,9%). Hasil pretest minat belajar siswa dari siswa yang memiliki minat belajar sangat tinggi berjumlah 7 orang (38,9%) dan memiliki minat belajar tinggi sebanyak 11 orang (61,1%). Pada hasil posttest yaitu siswa yang memilīki minat belajar sangat tinggi berjumlah 16 orang (88,9%) dan 2 orang dengan minat belajar tinggi (11,1%). Hasil analisis inferinsial menunjukkan bahwa p sebesar 0,000 dengan nilai (α) 0,05. Dengan demikian jelas bahwa nilai p adalah (0,000) <(α) (0,05). Ada pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada materi statistika kelas IV SD Negeri 200 Cenning Kabupaten Luwu Utara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorMA'RUFI, Dr. Ma’rufi, M.PdNIDN0903086802
UNSPECIFIEDHARDIANTO, Hardianto, S.Pd., M.PdNIDN0915078902
Uncontrolled Keywords: Model Pemebelajaran Kooporatif Tipe Jigsaw, hasil belajar dan minat belajar matematika.
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 22 Jul 2021 06:04
Last Modified: 22 Jul 2021 06:04
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/591

Actions (login required)

View Item View Item