PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN METODE COOPERATIVE SCRIPT PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SDN 004 KALOTOK KECAMATAN SABBANG SELATAN

HUSNA, NURUL (2021) PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN METODE COOPERATIVE SCRIPT PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SDN 004 KALOTOK KECAMATAN SABBANG SELATAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
NURUL HUSNA-1601414020.pdf

Download (2MB)

Abstract

Nurul Husna.2020. Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa melalui Penerapan Metode Cooperative Script pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SDN 004 Kalotok Kecamatan Sabbang Selatan. (Dibimbing oleh Rusdiana Junaid dan Reski Pilu). Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan metode Coopertive Script di kelas IV SDN 004 Kalotok. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas dengan tahapan bentuk siklus yang mengacu pada model Kemmis dan Mc Taggart. Setiap siklus terdiri atas empat tahap meliputi: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata keaktifan siswa pada siklus I yaitu 56,1% kategori sedang dan pada siklus II nilai rata-rata keaktifan siswa mengalami peningkatan yaitu 81% kategori sangat tinggi. Ditinjau dari data tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Cooperative script dapat meningkatkan keakltifan belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia karena telah mencapai indikator keberhasilan yaitu 75%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorJUNAID, Dr. Rusdiana Junaid, M.Hum., M.ANIDN0024065801
UNSPECIFIEDPILU, Reski Pilu, S.Pd., M.PdNIDN0911118603
Uncontrolled Keywords: Keaktifan Belajar Bahasa Indonesia, Metode Cooperative Script
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Tugas Akhir > Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 22 Jul 2021 04:47
Last Modified: 22 Jul 2021 04:47
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/587

Actions (login required)

View Item View Item