MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MATERI PERKALIAN MELALUI (TAI) TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DENGAN MENGGUNAKAN JARIMATIKA PADA SISWA KELAS IV SDN 62 LARE-LARE KAB. LUWU

KASIM, HILDAYANA (2020) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MATERI PERKALIAN MELALUI (TAI) TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DENGAN MENGGUNAKAN JARIMATIKA PADA SISWA KELAS IV SDN 62 LARE-LARE KAB. LUWU. Diploma thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
HILDAYANA KASIM-1601414438.pdf

Download (2MB)

Abstract

Hildayana Kasim. 2020Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Materi Perkalian melalui Team Assisted Individualization (TAI) dengan Menggunakan Jarimatika pada Siswa Kelas IV SDN 62 Lare-lare Kab. Luwu (dibimbing oleh Muhammad Ilyas dan Hardianto). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN 62 Lare-lare. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran koopertif tipe Team Assisted Individualization (TAI)dengan menggunakan Jarimatika di kelas IV SDN 62 Lare-lare, kabupaten Luwu.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Model penelitian yang digunakan adalah Kemmis dan Taggart dengan menggunakan dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan dalam enam kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah 24siswa kelas IV SDN 62 Lare-lareyang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipeTeam Assisted Individualization (TAI)dengan menggunakan Jarimatika untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes hasil belajar yaitu observasi dengan daftar checklistdan dokumentasi.Indikator keberhasilan siswa ditandai dengan meningkatnya hasil belajar siswa dengan ketuntasan siswa mencapai 75%.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar siswa kelas IVtersebut dapat dilihat berdasarkan persentase yang meningkat dari pra tindakan siswa sebesar 25% mengalami peningkatan 33,3% pada siklus I menjadi 58,3% pada siklus II meningkat 25% menjadi 83,3%. Capaian rata-rata aktivitas siswa pada siklus I 65,2 meningkat sebanyak 16,1% dengan capaian rata-rata 81,3 pada siklus II. Dan capaian aktivitas guru pada siklus I dengan rata-rata capaian 70% meningkat sebanyak 21% pada siklus II dengan rata-rata capaian 91%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorILYAS, Dr. Muhammad Ilyas, M. PdNIDN0021076502
UNSPECIFIEDHARDIANTO, Hardianto, S.Pd., M.PdNIDN0915078902
Uncontrolled Keywords: TAI, Jarimatika, Hasil belajarMatematika
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 22 Jul 2021 04:18
Last Modified: 22 Jul 2021 04:18
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/584

Actions (login required)

View Item View Item