MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL THINK PAIR SHARE PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV DI SDN 02 PINCEPPUTE

TANDIOGA, OCTHRIWY (2020) MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL THINK PAIR SHARE PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV DI SDN 02 PINCEPPUTE. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
OCTHRIWY TANDIOGA-1601414407.pdf

Download (2MB)

Abstract

Octhriwy Tandioga. 2020 Meningkatkan Keaktifan Belajar IPS melalui model Think Pair Share siswa Kelas IV SDN 02 Pinceppute Palopo (dibimbimg oleh Sri Damayanti dan Ardhy Supraba). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) melalui model Think Pair Share siswa Kelas IV SDN 02 Palopo. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model siklus yang dilakukan secara berulang dan berkelanjutan. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas IV yang berjumlah 20 siswa dan objeknya adalah pembelajaran IPS siswa, metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskritif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan keaktifan belajar IPS, peningkatan keaktifan belajar siswa berdampak pada ketuntasan belajar siswa dari rata-rata pada siklus pertama yaitu 55.88 dengan ketuntasan 45% kategori cukup baik dan pada siklus kedua nilai rata-rata siswa naik menjadi 80 dengan ketuntasan 85% kategori sangat baik. Keaktifan siswa dalam proses belajar dikelas dapat mengalami peningkatan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model Think Pair Share dapat meningkatkan keaktifan belajar IPS siswa kelas IV SDN Pinceppute Palopo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorDAMAYANTI, Sri Damayanti S, S.s., M. HumNIDN0016037902
UNSPECIFIEDSUPRABA, Ardhy Supraba S.Pd.,M.HumNIDN0920089001
Uncontrolled Keywords: Keaktifan belajar IPS, model pembelajaran Think Pair Share
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 22 Jul 2021 03:57
Last Modified: 22 Jul 2021 03:57
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/582

Actions (login required)

View Item View Item