PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBEALAJARAN IPS KELAS V SDN 33 KALUKULAJUK KOTA PALOPO

RIVALDY, RIVALDY (2020) PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBEALAJARAN IPS KELAS V SDN 33 KALUKULAJUK KOTA PALOPO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
RIVALDY_1601414366_PGSD.pdf

Download (1MB)

Abstract

Rivaldy.2020. Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Pembelajaran IPS kelas V SDN 33 Kalukulajuk Kota Palopo (dibimbing oleh Sri Damayanti dan Reski Pilu). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keaktifan belajar siswa pada materi IPS dapat ditingkatkan melalui model Problem Based Learning pada siswa kelas V SDN 33 Kalukulajuk kota palopo. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus yang terdiri dari masing-masing empat tahapan yaitu: (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 30 siswa pada kelas V. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 24 Februari sampai 14 Maret 2020 di SDN 33 Kalukulajuk. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan lembar observasi aktivitas belajar. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa keterlaksanaan pembelajaran pada siklus I yaitu 78% dan keterlaksanaan pembelajaran pada siklus II yaitu 90% dengan persentase perbandingan 12% serta pada aktivitas belajar siswa pada siklus I yaitu 58.83% dan aktivitas siswa pada siklus II yaitu 77.50% dengan persentase perbandingan 18.67%. Ditinjau dari data tersebut dapat dikatakan bahwa tingkat keaktifan belajar siswa pada materi IPS kelas V SDN 33 Kalukulajuik telah berhasil atau terjadi peningkatan keaktifan belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada materi IPS kelas V SDN 33 Kalukulajuk kota palopo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorDAMAYANTI, Sri Damayanti S, S.s., M. HumNIDN0016037902
UNSPECIFIEDPILU, Reski Pilu, S.Pd., M.PdNIDN0911118603
Uncontrolled Keywords: Keaktifan belajar, Problem Based Learning, IPS
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 22 Jul 2021 03:51
Last Modified: 22 Jul 2021 03:51
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/581

Actions (login required)

View Item View Item