EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN MEDIA ULAR TANGGA PINTAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI 23 BATARA

MUIS, NURFADILLAH (2020) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN MEDIA ULAR TANGGA PINTAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI 23 BATARA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
NURFADILLAH MUIS-1601414109.pdf

Download (2MB)

Abstract

Nurfadillah Muis, 2020. Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Media Ular Tangga Pintar Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV SD Negeri 23 Batara (Dibimbing oleh Ma’rufi dan Hardianto). Penelitian ini merupakan penelitian pree-eksperiment, desain yang digunakan dalam penelitian ini yakni one group pre-test post-test design. Tujuan dalam penelitian ini yakni untuk mengetahui Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Media Ular Tangga Pintar Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV SD Negeri 23 Batara. Populasi dalam penelitia ini yakni seluruh siswa kelas IV dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV A yang berjumlah 21 orang siswa. instrument dalam penelitian ini berupa pre- test dan post-test, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi aktivitas siswa dan angket respon siswa. data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan menggunakan analisis statistika deskriptif dan statistika inferensial dengan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa sebelum penerapan model pembelajaran Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Media Ular Tangga Pintar berada pada kategori rendah dan setelah Penerapan Model Pembelajaran Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STADmedia ular tangga pintar berada pada kategori tinggi. Berdasarkan analisis statistic deskriptif menunjukkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Media Ular Tangga Pintar Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV SD Negeri 23 BataraSedangkan secara inferensial yang menyatakan bahwa nilai probabilitas kurang dari taraf signifikan yaitu 0.05 maka H0 ditolak dan H1 diterima yakni terdapat peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 23 Batara setelah diterapkan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD berbantuan Media Ular Tangga Pintar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorMA'RUFI, Dr. Ma’rufi, M.PdNIDN0903086802
UNSPECIFIEDHARDIANTO, Hardianto, S.Pd., M.PdNIDN0915078902
Uncontrolled Keywords: Kooperatif Tipe STAD, Media Ular Tangga Pintar, Hasil Belajar,
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 22 Jul 2021 03:46
Last Modified: 22 Jul 2021 03:46
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/580

Actions (login required)

View Item View Item