PENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMEN MATA PELAJARAN IPS KELAS V UPT SD NEGERI 175 PINCEPUTE KEC. MALANGKE KAB. LUWU UTARA

AKBAR, MUHAMMAD (2020) PENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMEN MATA PELAJARAN IPS KELAS V UPT SD NEGERI 175 PINCEPUTE KEC. MALANGKE KAB. LUWU UTARA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
Muh. Akbar (1601414037).pdf

Download (3MB)

Abstract

MUH. AKBAR. 2020. Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Mata Pelajaran IPS Kelas V UPT SD Negeri 175 Pince Pute Kec. Malangke Kab. Luwu Utara, (Dibimbing oleh Rusdiana Junaid dan Juwita Crestiani). Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui apakah model TGT (Team Games Tournament) dapat meningkatn hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS.Penelitian ini dilaksanakan di UPT SDN 175 Pince Pute Desa Pince Pute, Kec. Malangke, Kab. Luwu Utara pada bulan Agustus 2020. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran TGT dengan 2 siklus dan setiap siklus dilakukan 2 kali pertemuan. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan pada metode observasi digunakan data kualitatif. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) di mana dalam pengolaan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan tes. Dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi.Subjek penelitian yaitu siswa kelas V UPT SDN 175 Pince Pute Kec.Malangke Kab Luwu Utara.Teknik pengumpulan data menggunakan tes.Tes yang dilakukan peneliti yaitu tes pilihan ganda yang berjumlah 15 soal.Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar pada siklus I dari 13 siswa yang tuntas belajar sebanyak 7 siswa dengan persentase 53,8% sedangkan yang tidak tuntas sebanyak 6 siswa dengan persentase 46,1%. Pada siklus II mengalami peningkatan dari 13 siswa hasil belajar siswa yang tuntas sebanyak 11 siswa dengan persentase 84,6%, sedangkan yang tidak tuntas sebanyak 2 siswa dengan persenase 15,3% dan telah mencapai KKM yang ditentukan yaitu 70%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V UPT SDN 175 Pince Pute Kec. Malangke Kab. Luwu Utara

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorJUNAID, Dr. Rusdiana Junaid, M.Hum., M.ANIDN0024065801
UNSPECIFIEDCRESTIANI, Juwita Crestiani, S.Pd., M.PdNIDN0920128503
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar IPS, Model Pembelajaran Team Games Tournamen (TGT)
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 22 Jul 2021 03:40
Last Modified: 22 Jul 2021 03:40
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/579

Actions (login required)

View Item View Item