PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE MAKE A MATCH DI KELAS IV SDN 251 SAKTI DESA TANARIGELLA KECAMATAN BUA KABUPATEN LUWU

NURMAYANTI, NURMAYANTI (2020) PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE MAKE A MATCH DI KELAS IV SDN 251 SAKTI DESA TANARIGELLA KECAMATAN BUA KABUPATEN LUWU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
NURMAYANTI (1601414431).pdf

Download (2MB)

Abstract

Nurmayanti. 2020. Peningkatan Kemampuan Siswa Pada Pelajaran Matematika dengan Menggunakan Metode Make A Match dikelas IV SDN 251 Sakti Desa Tanarigella Kecamatan Bua Kabupaten Luwu (dibimbing oleh Rusdiana Junaid dan Juwita Crestiani). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dil- aksankan di SDN 251 Sakti yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode pembelajaran Make a Match kelas IV yang berjumlah 25 siswa tahun ajaran 2019/2020. Desain PTK menggunakan model Kurt Lewin yang meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengum- pulan data menggunakan observasi dan tes. Analisis data yang digunakan statistic deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Pengumpulan data ini menggunakan instru- ment berupa lembar observasi keterlaksanaan metode pembelajaran dan lembar evaluasi/tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa pada siklus I yaitu 41% dengan persentase belajar klasikal 16% dan pada siklus II nilai rata- rata yang diperoleh siswa yaitu 79% dengan persentase 100%. Ditinjau dari data tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran Make a Match dapat meningkatkan kemampuan belajar siswa pada mata pelajaran ma- tematika materi FPB dan KPK.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorJUNAID, Dr. Rusdiana Junaid, M.Hum., M.ANIDN0024065801
UNSPECIFIEDCRESTIANI, Juwita Crestiani, S.Pd., M.PdNIDN0920128503
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Make A Match, Matematika.
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 21 Jul 2021 07:38
Last Modified: 21 Jul 2021 07:38
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/571

Actions (login required)

View Item View Item