PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS IV SDN 11 DANGERAKKO KOTA PALOPO

SUHERA, SUHERA (2020) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS IV SDN 11 DANGERAKKO KOTA PALOPO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
SUHERA-1601414126.pdf

Download (4MB)

Abstract

Suhera. 2020. Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Siswa pada Pembelajaran IPS di Kelas IVSDN 11 Dangerakko Kota Palopo (dibimbing oleh Sehe Madeamin, dan Hermini)Penelitian ini bertujuan mengetahui (1) penggunaan media Audio Visualmeningkatkan kemampuan pemahaman pada siswa kelas IV SDN 11 Dangerakko Kota Palopo, (2) mengetahui sejauh mana kemampuan pemahaman siswa dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan media Audio Visualpada siswa kelas IV SDN 11 Dangerakko Kota Palopo. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas dengan sabjek penelitian siswa kelas IV SDN 11 Dangerakko Kota Palopo tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini dilakukan secara bersiklus, antara siklus I dan siklus berikutnya saling berkaitan. Setiap siklus dilaksanakan selama 2 kali pertemuan (3 x 35 menit). Gambaran umum yang dilakukan pada setiap siklus adalah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media Audio Visualpada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan pemahaman IPS siswa, sebelum dilakukan tindakan dari 19 siswa 3 siswa mencapai ketuntasan (16%) dan 16 siswa belum mencapai ketuntasan (84 %). Setelah dilakukan tindakan siklus I siswa yang mencapai ketuntasan 11 siswa (69%) dan belum tuntas 5 siswa (31%) dari 16 siswa yang hadir saat tes siklus I. Setelah dilakukan tindakan siklus II, siswa yang mencapai ketuntasan 15 siswa (79%) dan belum tuntas 4 siswa (21%).Dari hasil penelitian tersebut maka penulis menyatakan bahwa penggunaan media pembelajaran Audio Visual dapat meningkatkan pemahaman peserta didik dengan melihat hasil akhir yang telah di capai yaitu 79% dari jumlah keseluruhan siswa, untuk dapatmeningkatkan pemahaman IPS peserta didik dengan menggunakan media Audio Visual ini perlu diperhatikan beberapa hal seperti kecocokan video dengan materi ajar, apakah video dapat menarik perhatian peserta didik sehingga dapat memancing motifasi serta keinginan belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorMADEAMIN, Dr. H. Sehe Madeamin, M.PdNIDN0001016505
UNSPECIFIEDHERMINI, Hermini, S.Pd., M.PdNIDN0912028701
Uncontrolled Keywords: Pemahaman IPS, media audio visual
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 21 Jul 2021 05:51
Last Modified: 21 Jul 2021 05:51
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/568

Actions (login required)

View Item View Item