PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA BIG BOOK SISWA KELAS II SD NEGERI 102 MAKALE 5 KECAMATAN MAKALE KELURAHAN BUNTUBURAKE

GUSMALADEWI, DESY (2020) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA BIG BOOK SISWA KELAS II SD NEGERI 102 MAKALE 5 KECAMATAN MAKALE KELURAHAN BUNTUBURAKE. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
DESY GUSMALADEWI-1601414219.pdf

Download (3MB)

Abstract

Desy Gusmaladewi. Sujono. 2020. Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Media Big Book ( dibimbing oleh Sehe. Madeamin dan Ardhy Supraba) Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan melalui media Big Bookpada siswa kelas II SD Negeri 102 Makale 5 Kabupaten Makale Kelurahan Buntuburake.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif. Model dalam penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri 102 Makale 5 yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, obseravasi dan wawancara. Instrument pengumpulan data secara kualitatif menggunakan lembar observasi dan secara kuantitatif menggunakan tes keterampilan membaca. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif dan kualitatif.Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media Big Book dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa kelas II. Peningkatan keterampilan membaca permulaan dibuktikan dengan nilai rata-rata kelas dari 67,57 meningkat menjadi 73 dan 82,35. Persentase pencapaian nilai rata-rata keterampilan membaca mengalami peningkatan pada pratindakan sebesar 36% pada siklus I 54%, dan pada siklus II yaitu 87%. Peningkatan didasarkan pada proses keterampilan membaca permulaan menggunakan media Big Book 1) siswa mengamati media Big Book yang disiapkan oleh guru, 2) siswa memprediksi isi cerita dalam Big Book, 3) siswa diberi contoh membaca Big Book dengan lafal dan intonasi yang jelas, 4) mencocokkan prediksi siswa dengan cerita yag telah dibaca, 5) siswa memperhatikan contoh membaca guru membacakan dengan menunjukkan kata per kata, 6) siswa berkomentar dan bertanya terkait cerita dalam Big Book, 7) siswa mengikuti yang dibaca oleh guru dengan menunjuk kata yang dibaca, 8) siswa secara berkelompok dan individu membaca cerita dalam Big Book.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorMADEAMIN, Dr. H. Sehe Madeamin, M.PdNIDN0001016505
UNSPECIFIEDSUPRABA, Ardhy Supraba S.Pd.,M.HumNIDN0920089001
Uncontrolled Keywords: Keterampilan membaca permulaan, media Big Book
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 21 Jul 2021 05:22
Last Modified: 21 Jul 2021 05:22
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/566

Actions (login required)

View Item View Item