PENGARUH ICE BREAKER TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 15 SALOLO KOTA PALOPO

PUTRI, DESI NASRIANA (2020) PENGARUH ICE BREAKER TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 15 SALOLO KOTA PALOPO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
Desi Nasriana Putri -1601414146.pdf

Download (2MB)

Abstract

Desi Nasriana Putri, 2020. Pengaruh Ice Breaker terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas IV SD Negeri I5 Salolo Kota Palopo (dibimbing oleh Rusdiana Junaid dan Rosmalah Yanti). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, hasil belajar IPA setelah penerapan ice breaker terhadap hasil belajar IPA peserta didik di kelas 1V SD Negeri 15 Salolo Kota Palopo, pengaruh penerapan ice breaker terhadap hasil belajar IPA peserta didik di kelas 1V SD Negeri 15 Salolo Kota Palopo, pengaruh yang signifikan antara penerapan ice breaker terhadap hasil belajar IPA peserta didik di kelas 1V SD Negeri 15 Kota Palopo. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pre eksperimen yang melibatkan satu kelas sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Random Sampling dengan mengambil siswa dalam satu kelas. Kelas yang dipilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas IV dengan siswa sebanyak 22 orang. Pengambilan data dilakukan test awal (pre-test) sebelum diterapkan pembelajaran dengan Ice Breaker dan test akhir (post-test) setelah diterapkan pembelajaran dengan Ice Breaker. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan bantuan program IMB SPSS Statistics 26 License Authorization Wizard. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa, hasil belajar IPA siswa setelah diterapkannya Ice Breaker lebih tinggi dari hasil belajar IPA siswa sebelum diterapkan Ice Breaker, Pengaruh ice breaker terhadap hasil belajar IPA peserta didik (pokok bahasan gaya, tema 8 tempat tinggalku) setelah (posttes) diajarkan menggunakan metode ice breaker pada siswa kelas IV SD Negeri 15 Salolo Kota Palopo dengan nilai rata-rata adalah 77.95 berada pada katagori sedang, untuk uji-t dengan menggunakan taraf signifikan 0,05 (5%) diperoleh nilai thitung ttabel (4,603 1,725), jadi H0 ditolak dan H1 diterima berarti rata-rata hasil belajar posttes yang diajar dengan penerapan ice breaker berpengaruh secara signifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat pengaruh pembelajaran Ice Breaker terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 15 Salolo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorJUNAID, Dr. Rusdiana Junaid, M.Hum., M.ANIDN0024065801
UNSPECIFIEDYANTI, Rosmalah Yanti, S,Pd., M.PdNIDN0910128803
Uncontrolled Keywords: Ice Breaker dan hasil belajar IPA.
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 21 Jul 2021 05:11
Last Modified: 21 Jul 2021 05:11
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/565

Actions (login required)

View Item View Item