PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS IV SD NEGERI 247 TONDO TANGNGA

ANGRAINI, DIAN (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS IV SD NEGERI 247 TONDO TANGNGA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
DIAN ANGRAINI PGSD 1601414426.pdf

Download (1MB)

Abstract

DIAN ANGRAINI. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Role Playing dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV SD Negeri 247 Tondo Tangnga (dibimbing oleh Dr. Rusdiana Junaid dan Andi Kilawati). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 247 Tondo Tangnga, dalam mengikuti pembelajaran di kelas dengan penerapan model pembelajaran role playing dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 247 Tondo Tangnga tahun ajaran 2019/2020 semester II. Penelitian ini dilakukan secara bersiklus yang dimana siklus I dan siklus berikutnya berkaitan, dengan jumlah pertemuan tiap siklusnya dua kali pertemuan dalam satu siklus. Gambaran umum yang dilakukan ialah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Setelah dilakukan tindakan selama dua siklus, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Pada tindakan pra-siklus dari 20 siswa sebanyak 5 siswa telah tuntas dengan persentase ketuntasan secara klasikal sebanyak 30% dengan nilai rata-rata secara klasikal 65. Tindakan siklus I dari 20 siswa yang mencapai KKM sebanyak 13 dengan nilai persentase klasikal 65% dan rata-rata secara klasikal 68,5. Siklus II siswa yang mencapai KKM 17 dengan nilai persentase klasikal 85% dan rata-rata secara klasikal 76,25. Aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran siklus I ke siklus II menunjukkan peningkatan dengan persentase secara klasikal yaitu dari 75% ke 94% dengan kategori sangat aktif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorJUNAID, Dr. Rusdiana Junaid, M.Hum., M.ANIDN0024065801
UNSPECIFIEDKILAWATI, Andi Kilawati, S.Pd., M.Pd,NIDN0902079002
Uncontrolled Keywords: role playing, hasil belajar.
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 21 Jul 2021 05:03
Last Modified: 21 Jul 2021 05:03
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/564

Actions (login required)

View Item View Item