PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MENGGUNAKAN MEDIA CERITA BERGAMBAR PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SDN 149 BAKU-BAKU KABUPATEN LUWU UTARA

TAHARA, ANNISA (2020) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MENGGUNAKAN MEDIA CERITA BERGAMBAR PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SDN 149 BAKU-BAKU KABUPATEN LUWU UTARA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
ANNISA TAHARA -I601414004 PGSD.pdf

Download (2MB)

Abstract

Annisa Tahara, 2020. Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Menggunakan Media Cerita Bergambar Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SDN 149 Baku-Baku Kecamatan Malangke Barat (di bimbing oleh Sri Damayanti dan Sunardin) Penelitian ini merupakan penelitian tindak kelas (PTK) penelitian yang dilaksanakan di SDN 149 Baku-baku yang bertujuan ini untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahman siswa menggunakan media cerita bergambar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV dengan jumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti ialah tes, observasi dan dokumentasi Dari data yang terkumpul kemudian dikategorikan ke dalam kategori sangat kurang ke kategori sangat baik dan Kriteria Ketuntasan Maksimal (KKM) yang digunakan di SDN 149 Baku-baku. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN 149 Baku-baku menggunakan media cerita bergambar. Hal ini dibuktikan dari adanya peningkatan rata-rata kemampuan membaca siswa pada siklus I sebesar 60,2 dan siklus II sebesar 79,7. Pada siklus satu ditemukan bahwa dari 20 orang siswa mengikuti tes siklus I, terdapat 9 siswa yang mencapai nilai KKM dan 11 orang siswa yang belum mencapai nilai KKM. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan yang menunjukkan sebanyak 19 orang siswa telah mencapai nilai KKM dan 1 siswa belum mencapai KKM yang ditetapkan yaitu 75 keatas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorDAMAYANTI, Sri Damayanti S, S.s., M. HumNIDN0016037902
UNSPECIFIEDSUNARDIN, Sunardin, S.Pd., M.PdNIDN0902108903
Uncontrolled Keywords: kemampuan membaca pemahaman, media cerita bergambar dan pembelajaran bahasa indonesia
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 21 Jul 2021 04:19
Last Modified: 21 Jul 2021 04:19
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/562

Actions (login required)

View Item View Item