PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SDN 36 SEPPONG

MUSDALIPA, MUSDALIPA (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SDN 36 SEPPONG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
MUSDALIPA 1601414049.pdf

Download (2MB)

Abstract

Musdalipa. 2020. Penerapan Metode Pembelajaran Team Assisted Individualization Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SDN 36 Seppong (dibimbing oleh Sri Damayanti dan Reski Pilu). Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia dengan model pembelajaran Team Assisted Individualization siswa kelas IV SD Negeri 36 Seppong. Penulisan ini merupakan penulisan tindakan kelas (PTK). Penulisan tindakan kelas ini dilaksanakan secara bersiklus, antara siklus 1 dan siklus 2. Setiap siklus dilakukan selama tiga kali pertemuan. Sampel yang diambil sebanyak 25 orang kelas IV. Hasil penulisan menunjukkan bahwa Ketuntasan siklus II membaca cerpen dengan menggunakan model Team Assisted Individualization siswa kelas IV SD Negeri 36 Seppong siklus II sebesar 92% atau 23 dari 25 siswa masuk dalam katagori tuntas dan 8% atau 2 dari 25 siswa masuk dalam katagori tidak tuntas. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa tingkat hasil pencapaian KKM siklus II membaca cerpen dengan menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization siswa kelas IV SD Negeri 36 Seppong telah berhasil atau terjadi peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia membaca cerpen dengan menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization siswa kelas IV SD Negeri 36 Seppong yang disesuaikan KKM sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorDAMAYANTI, Sri Damayanti S, S.s., M. HumNIDN0016037902
UNSPECIFIEDPILU, Reski Pilu, S.Pd., M.PdNIDN0911118603
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Membaca Cerpen, Team Assisted Individualization.
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 21 Jul 2021 04:12
Last Modified: 21 Jul 2021 04:12
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/561

Actions (login required)

View Item View Item