PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBEREDHEADS TOGETHER (NHT) DALAM MEMAHAMI CERITA RAKYAT PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SDN 43 TAKKALALA KOTA PALOPO

USMAN, USMAN (2020) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBEREDHEADS TOGETHER (NHT) DALAM MEMAHAMI CERITA RAKYAT PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SDN 43 TAKKALALA KOTA PALOPO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
USMAN (1601414345), PGSD.pdf

Download (2MB)

Abstract

Usman. 2020. Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman melalui Model Pembelajaran NumberedHeads Together (NHT) dalam MemahamiCerita Rakyatpada Mata PelajaranBahasa Indonesia di Kelas IV SDN 43Takkalala Kota Palopo. (dibimbing oleh Sehe Madeamin dan Erni). Jenis penelitian ini adalh Penelitian Tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampialan membaca melalui model pembelajaran NHT pada siswa kelas IV SDN 43 Takkalala Kota Palopo. Fokus penelitian ini adalah aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar membaca siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 4 dengan jumlah siswa 24 siswa di sdn 43 Takkalala. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data dikaji menggunakan data yang dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil pembelajaran siklus I sudah mengalami peningkatan. Rata-rata nilai keterampilan membaca siklus I yang diperoleh sebesar 69,3 dengan persentase ketuntasan 40% rata-rata nilai siklus II keterampilan membaca yang diperoleh sebesar 95,7 dengan persentase ketuntasan mencapai 77%. Peningkatan persentase siklus I kesiklus II terjadi peningkatan. Hal ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran NHT keterampilan membaca siswa meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorMADEAMIN, Dr. H. Sehe Madeamin, M.PdNIDN0001016505
UNSPECIFIEDERNI, Erni, S.Pd. SD. M.PdNIDN0911118108
Uncontrolled Keywords: Membaca pemahaman, model pembelajaran NHT
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 21 Jul 2021 04:07
Last Modified: 21 Jul 2021 04:07
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/560

Actions (login required)

View Item View Item