PENGARUH METODE ABJAD TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN (Study Eksperimen pada Siswa Kelas I Segugus 3 Kecematan Bua Kabupaten Luwu)

RAHMAYANTI, REKA (2020) PENGARUH METODE ABJAD TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN (Study Eksperimen pada Siswa Kelas I Segugus 3 Kecematan Bua Kabupaten Luwu). Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
REKA RAHMAYANTI 1601414063.pdf

Download (3MB)

Abstract

Reka Rahmayanti. 2020. Pengaruh Metode Abjad Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SDN 439 Pammesakang (dibimbing oleh Sri Damayanti dan Sunardin). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode abjad terhadap kemampuan membaca permulaan siswadi kelas I SDN Se-gugus 3 Kecematan Bua Kabupaten Luwu. Penelitian ini merupakan penelitianquasi eksperimen dengan desain one grup pretet postest. Data dalam penelitian diperoleh melalui pemberian tes kepada siswa.Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistika deskriptif dan statistika inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kemampuan membaca permulaan siswa sebelum diterapkan metode abjad siswadi kelas I SDN Se-gugus 3 Kecematan Bua Kabupaten Luwu sebelum diterapkan metode abjad memperoleh nilai rata-rata < 75 yaitu 70,74. Dengan persentase siswa yang tuntas sebesar 40,74%. 2) kemampuan membaca permulaan siswa setelah diterapkan metode abjad siswadi kelas I SDN Se-gugus 3 Kecematan Bua Kabupaten Luwu setelah diterapkan metode abjad memperoleh nilai rata-rata ≥75 yaitu 84,24. Dengan persentase siswa yang tuntas sebesar 96,30% dan terdapat pengaruh metode abjad terhadap kemampuan membaca permulaan siswadi kelas I SDN Se-gugus 3 Kecematan Bua Kabupaten Luwu. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji t yang menunjukkan nilai t hitung sebesar 1,798 > t tabel (nilai t tabel untuk n = 27 adalah 1,70562).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorDAMAYANTI, Sri Damayanti S, S.s., M. HumNIDN0016037902
UNSPECIFIEDSUNARDIN, Sunardin, S.Pd., M.PdNIDN0902108903
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, membaca permulaan, metode abjad.
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 21 Jul 2021 03:54
Last Modified: 21 Jul 2021 03:54
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/559

Actions (login required)

View Item View Item