PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI METODE SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, RIVIEW) PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN 02

HARUN, KHAERINI (2020) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI METODE SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, RIVIEW) PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN 02. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
KHAERINI HARUN 1601414054 SKRIPSI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Khaerini Harun. 2020. Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Riview) Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN 02 Pinceppute Kota Palopo (dibimbing oleh Sehe Madeamin dan Sunardin) Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SDN 02 Pinceppute yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemhaman siswa pada pelajaran bahasa Indonesia dengan materi teks bacaan dengan menggunakan metode SQ3R (survey, guestion, read, recite, dan riview) pada siswa kelas V SDN 02 Pinceppute. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 02 Pinceppute dengan jumlah siswa sebanyak 18 orang pada semester ganjil Tahun Ajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan secara langsung dalam proses pembelajaran menggunakan lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi aktivitas guru dan dokumentasi. Dari data yang terkumpul kemudian dikategorikan ke dalam kategori sangat kurang ke kategori sangat baik dan Kriteria Ketuntasan Maksimal (KKM) yang digunakan di SDN 02 Pinceppute. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SDN Pinceputte melalui penerapan metode SQ3R. Hal ini dibuktikan dari adanya peningkatan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 64,4 dan siklus II sebesar 73,1. Pada siklus I ditemukan bahwa dari 18 siswa yang mengikuti tes siklus I, terdapat 7 siswa mencapai nilai KKM dan 11 orang siswa belum mencapai nilai KKM. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan yang menunjukkan sebanyak 14 siswa telah mencapai nilai KKM dan 4 siswa belum mencapai KKM yang ditetapkan yaitu 70.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorMADEAMIN, Dr. H. Sehe Madeamin, M.PdNIDN0001016505
UNSPECIFIEDSUNARDIN, Sunardin, S.Pd., M.PdNIDN0902108903
Uncontrolled Keywords: Kemampuan membaca pemahaman, metode SQ3R
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 17 Jul 2021 04:36
Last Modified: 17 Jul 2021 04:36
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/556

Actions (login required)

View Item View Item