MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS III MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BAHASA EXAMPLE AND NON EXAMPLE PADA MATA PELAJARAN INDONESIA DI SDN 37 MAWA

ASMULIANTI, ASMULIANTI (2020) MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS III MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BAHASA EXAMPLE AND NON EXAMPLE PADA MATA PELAJARAN INDONESIA DI SDN 37 MAWA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
asmulianti -1601414269.pdf

Download (2MB)

Abstract

ASMULIANTI. 2020. Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas III melalui Model Pembelajaran Example and Non Example pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SDN 37 MAWA (dibimbing oleh Sri Damayanti S dan Opik Dwi Indah). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Example and Non Example dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas III SDN 37 MAWA atau tidak. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-experimental dengan mengambil sampel sebanyak 10 siswa dari 31 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berbicara. Berdasarkan hasil penelitian ini, diperoleh nilai rata-rata prestest adalah 46.80 (kategori sangat kurang) dan nilai rata-rata posttest adalah 90.00 (kategori baik sekali). Sementara itu, nilai p (P-value) dalam penelitian ini adalah 0.00 dimana lebih rendah dari alfa (α) atau 0.00 < 0.05. Maka hasil hipotesis dari penelitian ini adalah H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dan posttest siswa setelah diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran example and non example. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran example and non example dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas III pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SDN 37 Mawa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorDAMAYANTI, Sri Damayanti S, S.s., M. HumNIDN0016037902
UNSPECIFIEDINDAH, Opik Dwi Indah S.Pd., M.PdNIDN0904108702
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran Example and Non Example, keterampilan berbicara.
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 17 Jul 2021 04:26
Last Modified: 17 Jul 2021 04:26
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/555

Actions (login required)

View Item View Item