PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI BANGUN DATAR SISWA KELAS V SD NEGERI 23 BATARA

HARIYADI, HARIYADI (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI BANGUN DATAR SISWA KELAS V SD NEGERI 23 BATARA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO.

[img] Text
HARIYADI-1601414186.pdf

Download (3MB)

Abstract

Hariyadi. 2020. Peningkatan Hasil Belajar Melalui Penerapan Pendekatan Kontekstual pada Materi bangun Datar Siswa kelas V SD Negeri 23 Batara Kota Palopo. Berdasarkan observasi awal pada pembelajaran matematika yang diperoleh dikelas V SD Negeri 23 Batara Kota Palopo bahwa hasil belajar siswa masih rendah. Dari 31 orang siswa, sebanyak 26 siswa masih dalam kategori rendah dan 5 orang dalam kategori tuntas. Tujuan dari penelitian ini menerapkan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika pada materi bangun datar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Dalam pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar setiap siklusnya. Subjek penelitian ini melibatkan 31 orang siswa kelas V. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat terlihat dari presentasi rata-rata hasil belajar siswa pada siklus 1 yaitu 56, 27 dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 80, 5. Ketuntasan siswa pada siklus 1 hanya mencapai 25, 8 (8 0rang siswa) sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 93,3 (29 orang siswa).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorILYAS, Dr. Muhammad Ilyas, M. PdNIDN0021076502
UNSPECIFIEDRUSLI, M.Rusli B, S.Pd., M.PdNIDN0926018902
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Kontekstual, hasil belajar, matematika
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Tugas Akhir > Skripsi
Tugas Akhir
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: mrs Dachliana Baderu
Date Deposited: 17 Jul 2021 04:18
Last Modified: 17 Jul 2021 04:18
URI: http://repository.uncp.ac.id/id/eprint/554

Actions (login required)

View Item View Item